qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Petani Sumberarum Membuat Pupuk Organik Cair dari Bahan Sekitar

Bojonegoro, gerbangnusantaranews.com Muhammad Minan, petani muda asal Desa Sumberarum Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro menciptakan pupuk organik cair Mol-POC. 


Pupuk cair ini sudah sudah diuji di Dewan Riset Daerah (DRD) Bojonegoro. Pupuk cair ini berawal dari keresahan para petani terkait harga maupun stok pupuk menjelang musin tanam. 


Pemuda kelahiran 15 Oktober 1992 ini berinisiatif membuat pupuk sendiri dengan berbahan dasar urin kelinci. Ia mulai membuat pupuk organik sudah satu tahun yang lalu. 

Bahan dasar yang digunakan adalah bahan-bahan di lingkungan sekitar, diantaranya urin kelinci, leri (air tajin), air kelapa, buah nanas yang sudah dihaluskan, tetes tebu dan Effective Microorganism 4 (EM4). Kamis 05/10/2020.



“Saya membuat pupuk organik sendiri sudah satu tahun yang lalu, dan untuk sementara ini saya gunakan sendiri. Namun tanggal 21 Oktober 2020 baru menyerahkan sample pupuk organik cair ke dewan riset daerah (DRD) Bojonegoro.


 “Alhamdulillah,hasilnya sudah keluar dan menunjukkan bahwa kandungan yang terdapat dalam pupuk organik cair tersebut dapat digunakan untuk tanaman,” katanya saat ditemui dirumahnya. 



Bahan dan prosesnya pun terbilang mudah. Setelah bahan seperti urin kelinci, leri (air tajin), air kelapa, buah nanas yang sudah dihaluskan, tetes tebu dan Effective Microorganism 4 (EM4) dicampur dalam satu wadah kemudian difermentasikan selama 7-10 hari dan sudah siap untuk digunakan. 


Selain itu, Minan juga menjelaskan bahwa bahan-bahan organik yang digunakan sebagai bahan baku POC tidak hanya berfungsi untuk menghasilkan berbagai nutrisi bagi tanah dan tanaman, namun juga akan mempertahankan jumlah udara yang terkandung dalam tanah (aerasi). 


“Sehingga tanah dengan bahan organik yang tinggi tidak akan mudah mengalami pemadatan atau pengerasan,” terangnya. Hal ini tentu akan menguntungkan tanaman karena akan meningkatkan jumlah oksigen yang tersedia di dalam tanah. 


Unsur-unsur organik pada POC juga akan berperan penting dalam proses penyerapan air dan sinar matahari bagi tanah serta membuat tanah menjadi lebih subur. Lanjut Minan menjelaskan, petani perlu memikirkan tujuan jangka panjang. Penggunaan pupuk kimia secara terus menerus akan membuat rusak struktur tanah. 


Oleh sebab itu penggunaan pupuk organik cair ini dapat meningkatkan unsur hara tanah dan dapat mengembalikan struktur tanah. “Kedepannya semoga akan semakin banyak petani yang mulai menggunakan pupuk organik cair,” pungkasnya.(abq- ags )

Baca Juga

Related Posts