Kamis, 24 Desember 2020

Pemdes Kalipadang Prioritaskan Penguatan Modal BumDes Untuk Pemulihan Ekonomi Desa RAPBDes TA. 2021

GRESIK  - gerbangnusantaranews.com

Guna melakukan penataan pembangunan dan perencanaannya Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kalipadang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik, menggelar Rapat Pembahasan Rancangan Peraturan Desa tentang Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun anggaran 2021,Rabu, (23/12/2020) di Ruang Rapat, Royal Trawas - Mojokerto.


Acara yang diadakan diluar daerah tersebut selain rapat juga sarana membangun kebersamaan dalam menuangkan ide dan bagaimana pengembangan pembangunan ke depan, rapat pembahasan RAPBDes Tahun Anggaran 2021 ini dihadiri Kepala Desa Kalipadang ( Candra Prasetya Suwandi) dan Perangkat Desa (Sekretaris desa, Kepala Urusan, Kepala Seksi, dan Kepala Dusun), Ketua BumDes  dan seluruh anggota BPD.


Adapun yang menjadi topik utama dalam pembahasan tersebut Kepala Desa Kalipadang Candra Prasetya Suwandi Kepada Awak Media GNN menyampaikan bahwa penggunaanAnggaran Dana Desa tahun 2021 di prioritaskan untuk penguatan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 sesuai permendes Nomor 13 Tahun 2020 dan evaluasi kinerja pemerintah Desa,"jelasnya. 


Peningkatan Kinerja dan Peningkatan pelayanan kepada Masyarakat yang sesuai dengan Visi dan Misi Kepala Desa, sehingga anggaran yang nantinya akan terserap tentang perubahan tata ruang pelayanan yang optimal, sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan merasa nyaman.


Pembahasan Rancangan Apbdes Ta. 2021 yang dipimpin Kepala Desa Kalipadang juga membahas Bidang Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat, karena setiap kegiatan harus benar-benar berasal dari aspirasi masyarakat melalui Musyawarah tingkat dusun dan musyawarah tingkat desa, dan harus berdasarkan kebutuhan masyarakat bukan atas dasar kepentingan beberapa golongan.


Dalam pembahasan APBDes anggota BPD banyak sekali memberi masukan kepada Pemerintah Desa tentang beberapa program pembangunan fisik, pengelolaan Asset desa dan yang terkait dengan peningkatan pemberdayaan masyarakat.


Sumber dana yang terdapat dalam APBDes TA. 2021 ini, bersumber dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Bagi Hasil Pajak & Retribusi (BHPR), dan Pendapatan Asli Desa (PADes). Khusus PADes perlu ditingkatkan dari segala sumber yang sah sehingga dapat menopang pembangunan sesuai harapan masyarakat. Selanjutnya dari hasil pembahasan Rancangan Perdes APBDes tahun 2020 ini akan di koordinasikan, di presentasikan dengan Bapak Camat dan Tim Evaluasi Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.


Kepala Desa Kalipadang yang akrab dipanggil  Candra juga menyampaikan bahwa rapat pembahasan RAPBDes Tahun 2021 cukup berjalan lancar dan dapat disetujui oleh Anggota BPD dan berharap kedepannya perangkat pemerintahan Desa bisa meningkatkan pelayanan sehingga masyarakat bisa merasa nyaman,"pungkasnya. (WLO)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kepincut Setigi, Kick Andy Undang Kades Abdul Halim

Kades Sekapuk Abdul Halim Bersama Kick Andy Di Studio MetroTV Jakarta.  GRESIK - gerbangnusantaranews.com Kades Sekapuk Abdul Halim lagi-la...