qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Rawat Tradisi Nahdliyin, Pelajar NU Bungah Luncurkan Portal Media 'Kopiah'

Pelajar NU Kecamatan Bungah 
Saat Meluncurkan Portal Media Kopiah

GRESIK  - gerbangnusantaranews.com 

Pelajar Nahdhatul Ulama (NU) yag tergabung dalam Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Ikatan Putra Nahdhatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Bungah meluncurkan portal media online yang diberi nama 'KOPIYAH'.


Peluncuran portal berita tersebut dibarengi dengan dilatihnya puluhan kader IPNU-IPPNU dari seluruh ranting dan komisariat setempat dengan pelatihan jurnalistik di Gedung Kampus Universitas Qomaruddin, Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Gresik, Minggu (2/1/2021). 


Para peserta yang ikut pelatihan dibekali teknik-tekni dasar jurnalistik dan literasi agar kedepan bisa mengelola media internal yang diluncurkan lembaganya.


Ketua PAC IPNU Bungah Fahruddin Zuhri mengatakan, pelatihan jurnalistik ini digelar untuk menyiapkan SDM agar nantinya mereka bisa mengelola portal media yang diluncurkan oleh pengurus IPNU IPPNU Kecamatan Bungah.


"Pelatihan jurnalistik ini bertujuan supaya para peserta dapat meliput kegiatan Nahdhotul Ulama serta Banom-banom di Ranting-ranting khususnya dan di MWC pada umumnya," kata Udin.


Udin menjelaskan, portal berita online ini ia gagas bersama kepengurusannya sebagai wadah informasi seluruh kegiatan warga NU baik struktural maupun kultural.


"Derasnya arus informasi dan perkembangan teknologi harus disikapi dengan tepat, banyak sekali tradisi dan budaya ditengah masyarakat terutama warga nahdhiyin baik struktural maupun kultural, semua itu bisa sangat penting untuk dipublikasikan, agar tidak tergerus oleh perkembangan modernisasi," ungkapnya.


Selain portal berita online, lanjut Udin, pihaknya kedepan juga bakal meluncurkan Buletin yang memuat berbagai macam rubrik sebagai bahan bacaan warga NU khususnya di Kecamatan Bungah.


"Kedepan kita juga akan membuat Buletin dengan beberapa rubrik misalnya Budaya, Agama, Tradisi, Pendidikan dan banyak lagi, dan akan kita sebar di Kecamatan Bungah agar bisa menjadi bahan bacaan warga Nahdhiyin khususnya," tandasnya.


Oleh karena itu, sambung dia, peserta pelatihan jurnalistik ini ledepan diharapkan mampu menjadi jurnalis pelajar yang unggul, sehingga portal media online yang diluncurkan oleh IPNU IPPNU Kecamatan Bungah bisa terus berkembang pesat.


"Kita berharap dengan adanya pelatihan jurnalistik ini, para peserta nantinya bisa mejadi jurnalis pelajar yang unggul, sehingga portal media yang kita luncurkan bisa berkembang pesat, untuk itulah kita datangkan sejumlah pemateri yang kompeten di bidangnya masing-masing," pungkasnya. (dk)

Baca Juga

Berita Terkait