qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Koramil Pacet Bersama Satgas Covid-19 Maksimalkan Tracing Kontak Erat


Mojokerto, GNN 

Untuk menghambat lonjakan kasus aktif covid-19 yang disebabkan varian omicron, Satgas Covid-19  tingkat kabupaten/kota, kecamatan dan desa harus bekerja keras melakukan berbagai upaya pencegahan hingga penanganan. 

Seperti yang dilakukan Satgas Covid-19 Kecamatan Pacet, pada Rabu (23/02/2022), melakukan upaya pencegahan melalui kegiatan tracing dibeberapa desa wilayah Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. 

Pantauan dilapangan sejumlah Tim Tracer diturunkan dalam kegiatan testing dan tracing, terdiri dari TNI-Polri-Pemerintah Kecamatan dan PKM bekerjasama dengan Satgas Covid-19 Desa. Salah satunya di Dusun Wonokerto Desa Warugunung.

Dilokasi ini tracing atau penelusuran kontak erat kasus konfirmasi Covid -19 varian omicron dilakukan Babinsa Koramil 0815/16 Pacet Pelda Imam Mustofa, Bhabinkamtibmas Aiptu Unggul, Bidan Desa Ety Nurhayati, S.ST., Perawat Desa Binti Aminin, A.Md., Kep., Kasun Sahrul, serta Tim Surveilans dan Analis Puskesmas Pandan. 

Pelda Imam Mustofa, yang berada di lokasi, mengatakan, Tim Tracer melakukan tracing terhadap 20 warga kontak erat pasien terkonfirmasi positif covid-19 dengan status OTG. Saat tracing yang dilanjutkan dengan swab antigen, seluruh kontak erat tersebut non reaktif (negatif). "Hasil swab semua kontak erat negatif", tandasnya.

Masih diwilayah Pacet, dihari yang sama, kegiatan penelusuran kontak erat ini berlangsung di Desa Pacet, Desa Sumberkembar, Desa Petak dan Desa Tanjungkenongo. Sesuai data yang dihimpun dilapangan, hasil tracing dan swab antigen di Desa Pacet dari 20 orang kontak erat 1 positif 19 negatif, Desa Sumberkembar 20 kontak erat semuanya negatif, Dusun Kembangsore Desa Petak 25 kontak erat semuanya negatif, Dusun Gilingsem Desa Tanjungkenongo 20 kontak erat 1 positif dan 19 negatif. Bagi kontak erat yang positif diberikan vitamin dan obat-obatan dan dianjurkan melakukan isoman dengan pengawasan Satgas Covid-19 Desa setempat.

Saat dihubungi Danramil 0815/16 Pacet Kapten Caj M. Luthfi Anam, mengatakan, kegiatan tracing ini sebagai bagian dari upaya pencegahan guna memutus rantai penyebaran covid-19. Selain melaksanakan tracing (bagian dari 3T), Koramil bersama Satgas Covid-19 Kecamatan Pacet dan Desa aktif menghimbau warga untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan 5M, serta mengikuti layanan vaksinasi covid-19 secara lengkap, mulai dosis satu, dua hingga booster.

Masih lanjutnya, testing, tracing dan treatment (3T), kepatuhan protokol kesehatan dan vaksinasi ini sangat penting dilakukan dalam upaya pencegahan dan percepatan penanganan covid-19. "Terlebih dengan adanya varian omicron, kita harus waspada namun tidak boleh panik. Sepanjang kita menerapkan Prokes 5M dan mendapatkan vaksin lengkap, insyaallah aman dan tentunya kita berharap pandemi ini segera berakhir", tutupnya.(k-if)

Baca Juga

Related Posts