qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

DMI Dukun Gelar FGD Bersama DPRD Kabupaten Gresik Dan Ini Hasilnya

GRESIK, GNN 

Forum Group Diskusi (FGD) adalah bentuk kegiatan untuk membahas dan membedah suatu masalah yang menjadi trending topik untuk disimpulkan dan ditindaklanjuti.

Hal ini yang dilakukan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Dukun menggelar FGD bersama anggota DPRD Kabupaten Gresik dengan bertajuk" Menjadikan masjid sebagai sentra pemberdayaan ekonomi umat."

Giat tersebut diselenggarakan di Aula Kecamatan Dukun Dengan melibatkan Pengurus DMI, pengurus BKMM, pengurus Prima dan tokoh masyarakat (18/03/2022)

Narasumber yang hadir yakni dari anggota DPRD Kabupaten Gresik H.jumanto, Nur Hudi Didin Ariyanto dan Ahmad Kusrianto Pujiantoro. Mereka menyampaikan materi secara bergiliran dengan topik pemberdayaan ekonomi umat melalui masjid.

Pada dasarnya tujuan dan fungsi  masjid merupakan tempat ibadah untuk menghadap sang Khaliq disamping juga sebagai sentra ekonomi umat ini juga harus dikelolah dan di menejemen dengan bagus potensi ekonomi masjid. Pada zaman Rasulullah masjid juga menjadi tempat musyawarah untuk menerapkan strategi perang. 

H.Jumanto anggota DPRD Kabupaten Gresik mengatakan, dalam proses pemberdayaan ini terdapat macam bentuk dalam kegiatan penberdayaan ekonomi yang bisa dikembangkan pada saat ini yakni pelatihan wirausaha, pelatihan dan pemagangan dan permodalan." Pola tiga ini kalau bisa diterapkan di Masjid dan kepengurusanya maka pemberdayaan umat ekonomi akan tercipta." Ujarnya

Jumanto menambahkan, sentra ekonomi masjid bisa dikelola dan dikembangkan seperti koperasi masjid, tabungan untuk Qurban dan pengelolaan kotak amal masjid." 

" jalur pengembangan yang lainya seperti pengelolaan lahan parkir masjid dan gedung lantai dasar masjid untuk dirancang sebagai event organizer juga tempat acara untuk dikomersilkan." Tutup Jumanto yang juga anggota badan anggaran dan komisi 4 DPRD Kabupaten Gresik 

Harapan dari kegiatan ini adalah tindaklanjut dan sinergis untuk selalu dikawal dan membuahkan hasil dan manfaat untuk membangun ekonomi dan kemakmuran masjid. 

Turut hadir pada Giat FDG Camat Dukun Kiki Nuryadi Kesra Kecamatan Dukun Nurnaningsih ketua DMI Dukun H. Khusnul Aqib (Hoo)

Baca Juga

Related Posts