qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Hadirkan Gus Reza, Desa Tebuwung Gelaran Sedekah Bumi (Dekahan)

GRESIK, GNN 

Sebagai bentuk rasa syukur akan kenikmatan, kesehatan dan panen hasil bumi yang dirasakan warga Desa Tebuwung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Maka wujud dari rasa syukur tersebut dengan membersamai bersama menjadi guyub rukun dalam kebersamaan dan bingkai silaturrahim. 

Hari ini pemdes Tebuwung menggelar Sedekah Bumi atau dekahan dengan berbagai macam acara diantaranya : peringatan Haul Desa, Ngaji khatmil Qur'an, pengajian umum, Udik udikan uang receh, lomba gunungan hasil bumi, srokolan dan Ishari. Kegiatan tersebut adalah bagian merawat dan menjaga tradisi desa yang sudah diturunkan oleh para sesepuh kepada generasi sampai saat sekarang.

Pernak pernik jajanan tradisional yang menghiasi sedekah bumi/dekahan tersebut adalah diantaranya ada kucur, apem, rengginang, rangen, tape, krupuk samiler,gapitan, gemblong dan yang lainya.

Kegiatan ini dipusatkan ditempat komplek pemakaman Desa atau Suban yakni tempat pelataran diarea makam Desa ( 23-24/03/2022) tempat inilah menjadi pusat titik kumpul warga masyarakat dalam giat sedekah bumi atau dekahan. Menariknya pada tahun ini pemdes mengadakan lomba tumpeng atau gunungan yang dihias dengan hasil bumi dengan diikuti 24 RT

Dan tak kalah serunya adalah udik udikan uang receh yang dilempar kekerumunan masa warga hal ini sebagai bentuk sedekah dan syukur atas karunianya. Peserta udik udikan ini diikuti oleh anak anak, dan remaja.

Hita' Wajdi Kades Tebuwung mengatakan, ini bagian dari rasa syukur kita kepada Allah yang selama ini diberikan baik kenikmatan sehat, kesempatan, dan panen yang dirasakan warga." Maka syukur inilah wujud sedekah bumi dengan pengharapan berkah dan barokah untuk warga Desa Tebuwung." Ucapnya

Hita' menambahkan, disamping giat ini bagian dari syukur serta doa yang kita tujukan kepada keluarga yang sudah meninggal tidak kalah pentingnya adalah keakraban gotong royong dan guyub rukun sesama warga dalam mensukseskan acara tersebut." Alhamdulillah semoga ini bisa kita pertahankan dan dilanjutkan pada tahun yang akan datang dengan lebih meriah sebagai bentuk istiqomah khidmah kita." Jelasnya 

Sedekah bumi pemdes Tebuwung juga menghadirkan Gus Reza salah satu kiai muda milenial dari Lirboyo kediri jawa timur beliau mengajak kepada warga agar selalu Khusnudlon (berprasangka baik) kepada sesama dengan kebiasaan berprasangka baik Insyaallah hidup kita akan berkah baik dimata Allah Swt. Beliau juga mengajak agar kita mempersiapkan fisik didalam bulan Ramadhan supaya ibadah kita bisa terlaksana dengan prima. " imbuh Gus Reza.

Diketahui acara ini dihadiri oleh Kepala Desa beserta perangkat, KH Abd Muhshi Pengasuh Ponpes Alkarimi, babhinkamtibmas Zainul Abidin polsek Dukun, Koramil Dukun, tokoh masyarakat, BPD, KH Moh Sholeh Ketua MWC NU Dukun, KH Amin Syam Pengurus Ranting NU Tebuwung, Pengurus YPP Alkarimi, KH Nur Sholeh Hasyim pengasuh Ponpes Darussalam, Gus Salam ketua RMINU Cabang Gresik dan ribuan warga Masyarakat Tebuwung (Hoo)

Baca Juga

Related Posts