qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

REFLEKSI SOSIAL : Festival Pasar Bandeng Menurut Ketua BKNU Gresik

GRESIK, GNN 

Mencermati perhelatan festival pasar bandeng Kabupaten Gresik dari tahun ke tahun terlihat masih stagnan, perlu dilakukan terobosan baru dan inovasi atas perhelatan tersebut. Setiap agenda, lebih pada penonjolan keberhasilan budidaya bandeng dari sisi berat ikan saja, kedepan perlu dieksplor waktu yg ditempuh untuk pembesarannya, sehingga bisa tergambar usia dari masing masing ikan pemenang kontes. 

Disamping itu, kontes festival perhelatan pasar bandeng juga hanya mengandalkan buyers lokal dan belum mampu mendatangkan potensi pemasaran yang menggembirakan, betapa tidak berdasar hitung-hitungan analisa usaha antara masa pembesaran bandeng dan kebutuhan pakan dibanding dengan harga pasar saat penjualan margin yang diperoleh cukup minim, sehingga belum mampu menggerakkan animo budidaya ikan bandeng tersebut. Bahkan kalau diamati dilapangan, animo makan ikan bandeng di masyarakat sendiri dari hari ke hari semakin menurun. 

Generasi mileneal lebih mengenal ayam goreng daripada ikan bandeng, Oleh karena itu, banyak hal yang mesti dilakukan inovasi dan modifikasi atas helatan pasar bandeng Gresik tersebut, sehingga mampu membawa manfaat yang berlebih sehingga moto Gresik Baru lebih maju bisa dirasakan oleh masyarakat Gresik.

Hal ini menjadi catatan bagi Lembaga Badan Kemaritiman Nahdlatul Ulama (BKNU) Gresik ajang kontes festival pasar bandeng yang menjadi branding Kabupaten Gresik.

Ketua BKNU Gresik Masruron Arfe mengatakan, perlu adanya sosialisasi dan pengenenalan secara masif berkaitan dengan pasar bandeng baik budidaya cara perawatanya yang terpantau oleh panitia kontes bandeng kawak." Hal ini penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Gresik agar kontes festival bandeng ini bisa masif dan dirasakan oleh warga Gresik." Ujarnya (29/04/2022)

Cak Ron sapaan akrabnya menambahkan, disamping itu untuk kontes pasar bandeng agar lebih semarak dan bisa meningkatkan daya tarik turis lokal maupun nasional." 

"Ia berharap kontes festival bandeng kawak ini menjadi sebuah upaya dalam peningkatan perkonomian masyarakat Gresik. Karena Gresik sudah ditetapkan sebagai sentra kampung bandeng, dan kedepan Gresik juga akan menjadi pioner kota bandeng dengan penuh terobosan dan inovasi yang edukasi dan inspiratif." Tutupnya (Hoo)

Baca Juga

Related Posts