qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Tradisi "malam selawe" Kembali Dirayakan Dengan Pembagian Surat Ijin Usaha UMKM

GRESIK, GNN 

Gresik. Malam Selawe merupakan Tradisi khas bulan suci Ramadan di Kabupaten Gresik yang dimaknai sebagai perburuan Lailatulqadar. Tradisi Malam Selawe dilaksanakan pada malam 25 bulan ramadhan di kawasan Makam Sunan Giri termasuk halaman parkir depan makam hingga sepanjang jalan Sunan Giri.desa Giri Kecamatan Kebohmas , Kabupaten Gresik , Selasa 26 /4/2022

perayaan malam selawe ini sudah ada sejak zaman mbah sunan giri  yang terus dilestarikan dan tradisi ini tidak hanya rayakan oleh masyarakat Gresik saja tapi dari daerah-daerah lain pun banyak yang berdatangan. 

Kegiatab malam selawe ini di hadiri  secara langsung oleh bupati Gresik H.Fandi akhmad Yani SE , dengan didampingi wakil Bupati Hj.Aminatun Habibah M.Mpd , beserta jajaran FORKOPIMDA , dan FORKOPIMCAM Kebomas.

Saat di temui media GNN, Camat Kebomas M.Jusuf Ansyori menjelaskan bahwa malam selawe  ini adalah malam Budaya tradisi masyarakat gresik yang di mana tiap malam selawe mengadakan kegiatan dan untuk menyambut datang nya malam lailatul qodar yang datang nya di setiap malam malam ganjil sehingga di biasakan santri santrinya untuk melakukan ibadah secara khusus.

Jusuf juga mengatakan,dengan adanya malam selawe ini juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di kabupaten gresik , khususnya masyarakat yang ada di wilayah kecamatan kebomas .ungkapnya

Karena banyaknya pengunjung yang datang di acara malam selawe ini syukur alhamdulilah Dengan munculnya beberapa UMKM yang ada dipameran ini umkmnya banyak yang laku terjual.

"Dan alhamdulilah beberapa UMKM yang ada di wilayah kecamatan Kebomas juga mendapatkan surat ijin usaha yang di berikan secara langsung oleh bupati gresik. " .pungkasnya.(mhr)

Baca Juga

Related Posts