qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani Terima Kunjungan Kerja Dirjen Hortikultura Kementan RI Terkait Food Estate

GRESIK, GNN 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Direktur Jenderal (Dirjen) Holtikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI) Prihasto Setyanto bersama rombongan, di Rumah Dinas Bupati Gresik, Kamis (12/05). Kunker ini dilaksanakan dalam rangka meninjau lokasi rencana pengembangan pangan skala luas / _Food Estate_ (FE) tanaman Mangga di Kabupaten Gresik.

Bupati Yani mengapresiasi pihak Kementan atas dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Gresik dalam sektor pertanian dan peternakan. Apalagi menurut Bupati Yani, Kabupaten Gresik memiliki potensi yang sangat besar dalam produksi hasil pertanian, baik tanaman pangan maupun buah-buahan yang bahkan sudah beberapa kali menembus pasar mancanegara.

"Kondisi tanah di Kabupaten Gresik ini mendukung kualitas tanaman Mangga yang dihasilkan. Disamping Mangga, disana juga ada Jeruk Nipis yang luas lahannya hingga 400 Ha," terang Bupati Yani.

Dalam kesempatan ini, Bupati Yani juga menyampaikan berbagai persoalan utamanya pemasaran pasca panen. Besar harapannya agar Pemerintah Kabupaten Gresik dengan pihak Kementan bisa terus berdialog, karena ini tidak bisa dilakukan sendiri sehingga hasil pertanian menjadi nilai tambah bagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik yang sudah ditetapkan.

Lewat Kunker ini, kedepan langkah-langkah yang akan dilakukan adalah pengembangan, perluasan dan pemeliharaan tanaman Mangga yang sudah ada, sehingga hasil panennya bisa mencukupi kebutuhan pasar lokal dan ekspor.

Tidak hanya itu, dukungan berupa pendampingan dan pelatihan serta pengawalan akan diberikan dari dirjen holtikultura untuk meningkatkan kualitas dan mutu tananan Mangga di Gresik.

Dalam kegiatan Kunker ini, diikuti pula oleh Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Tommy Nugraha dan Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Bambang Sugiharto. Turut serta mendampingi Bupati Yani, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik Eko Anindito. (nnd)

Baca Juga

Related Posts