qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Wakil Bupati dan Anggota DPRD Gresik Hadiri Halal Bi Halal Sekaligus Sedekah Bumi Dusun Pacuh

GRESIK, GNN 

Momentum tahunan masyarakat Dusun Pacuh Desa Pacuh Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik tahun ini begitu istimewa sebab momen tahunan "SEDEKAH BUMI" kali ini bersamaan dengan momentum IDUL FITRI (Lebaran), sehingga kegiatan ini dikemas sebagai ajang Silaturrahim masyarakat untuk lestarikan budaya dan syi'arkan agama Islam.

Acara tersebut dilaksanakan pada hari Selasa (10/5) dengan dua sesi yakni 

- Sesi pertama kirab budaya dan doa bersama.

- Sesi kedua Halal Bi Halal bersama Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah (Bu Bin) dan Pagelaran Wayang Kulit diawali santunan anak yatim.

Selain warga masyarakat Dusun Pacuh acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa Pacuh Imron Hamzah beserta perangkat dan BPD, Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah (Bu Min), Anggota DPRD Gresik M.Syafik, Camat Balongpanggang M.Amri, Kapolsek Balongpanggang AKP Muhammad Zainudin, 

Pada Kesempatan tersebut Shodikin Ketua panitia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak atas segala bantuan baik masyarakat maupun donatur sehingga kegiatan ini bisa terlaksana, saya juga mohon maaf atas tempat yang hanya lesehan, ucapnya sembari mengingatkan bahwa hal ini sesuai keinginan wabup dulu saat kampanye yang senang dengan kesederhanaan.

Senada juga disampaika oleh Kepala Desa Pacuh Imron Hamzah "Syukur Alhamdulillah" saat ini kita bisa melaksanakan kegiatan dengan berkumpul bertatap muka dalam acara sedekah bumi, sekaligus halal bi halal semoga acara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Ia juga menuturkan dengan ungkapan syukur ini, semoga dusun Pacuh khususnya dan Desa Pacuh pada umumnya selalu dapat lindungan Allah swt. dari seluruh bencana termasuk dijauhkan dari pandemi covid-19 

Sementara Anggota DPRD Gresik H. Moh. Syafik pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dirinya turut hadir disini karena Ia juga bagian dari warga dusun Pacuh. 

Kegiatan sedekah bumi Ini merupakan warisan leluhur yang tidak bisa dihilangkan dan masing masing daerah berbeda cara artinya sesuai adat istiadat masing masing dusun atau desa.

Alhamdulillah di Balongpanggang ini diberikan karunia oleh Allah dengan hasil buminya yang  luar biasa lantaran tanah yang sangat subur sehingga setahun bisa panen 2 hingga 3 kali.

Syafik juga menjelaskan bahwa Balongpanggang ini adalah masuk kawasan hijau (lahan pertanian)

Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah menyampaikan Alhamdulillah Covid 19 sudah hilang kini berganti virus baru yaitu penyakit pada hewan terutama sapi yang dinamakan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang gejalanya  hampir sama dengan Covid-19 dan penularanya pun sangat cepat oleh karena itu saat ini untuk seluruh pasar pasar hewan harus ditutup sementara, dan Pasar sapi Balongpanggang merupakan memiliki pasar sapi terbesar diwilayah Gresik. 

Dengan adanya virus baru yang menyerang hewan ini kita harus berhati hati dan biarpun Covid-19 sudah mulai hilang kita harus tetep menjaga kesehatan serta tetap mematuhi Protokol yang ditetapkan, namun untuk penyakit sapi ini jangan diresahkan karena penyakit ini bisa disembuhkan.

Bu Min juga menyampaikan Atas nama Pemerintah kabupaten Gresik saya memohon maaf yang sebesar besarnya karena belum bisa memberikan pelayan dengan baik, terutama membangun jalan jalan yang masih rusak di kabupaten Gresik ini, semoga dalam waktu dekat ini Pemerintah kabupaten Gresik bisa membangun jalan jalan yang rusak tersebut, serta berharap semoga tradisi sedekah bumi sperti ini selalu bisa dipertahankan dan kita lestarikan bersama sama.pungkasnya. 

Acara dilanjutkan dengan ramah tama dan Pagelaran wayang kulit.(mhr)


Baca Juga

Related Posts