qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Rombongan Apdesi Kabupaten Gerbang IKN Tabalong Kalimantan Selatan Gelar Studi Tiru ke Desa Sekapuk

GRESIK, GNN 

Terrsohor dengan sebutan Desa Miliarder, Desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik memang seksi untuk dikunjungi. Satu-satunya Desa di Kabupaten Gresik yang memiliki dua wisata Desa sekaligus, yakni wisata alam Setigi dan agrowisata KPI (Kebun Pak Inggih) ini menjadi jujugan berbagai Desa di seluruh tanah air untuk melakukan Studi tiru. 

Saat ini, giliran rombongan Apdesi (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Studi Tiru ke Desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik. Untuk diketahui, Tabalong adalah Kabupaten di Kalimantan Selatan yang akan menjadi Gerbang IKN (Ibu Kota Nusantara). 

"Terima kasih kunjungan Pemkab Tabalong Kalimantan Selatan. Sekapuk kedatangan Kadis PMD, Kabid PAD, Ketua Apdesi Kabupaten Tabalong dan segenap Kades dari tiga kecamatan serta pendamping desa yang turut hadir untuk belajar bersama, terkait kajian pola percepatan menuju Desa Mandiri," ujar Kades Sekapuk Abdul Halim (AHA), Sabtu (25/6/2022). 

Ditegaskan Kades AHA, semangat rombongan Pemkab Tabalong Kalsel ini membuktikan bagaimana kecintaan dan hasrat membangun bangsa dimulai dari desa, pembangunan berkelanjutan wujudkan desa mandiri dan memperkuat ekonomi lokal.

"Desa kuat, maka bangsa kuat, negara jadi hebat. Desa masa depan Indonesia akan terwujud jika semua desa bergerak serentak untuk memajukan. Mindset pilihan utama, Bergerak kewajiban kita. Jika desa kami bisa, maka yakini desa Anda pasti bisa," tandas pencetus Setigi dan agro KPI ini. 

Semangat membangun desa yang digelorakan Kades Sekapuk Abdul Halim ini mendapat apresiasi positif dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan, Dr. H. Erwan, SH, M.AP. Apresiasi dan rasa kagum atas keberhasilan Desa Sekapuk juga dilontarkan oleh Mujiono selaku Ketua DPC APDESI Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. 

"Studi tiru ini benar-benar menjadi semangat dan motivasi seluruh Kades se-Kabupaten Tabalong untuk bergerak melakukan percepatan Desa Mandiri. Kami akan mengajak seluruh Kades untuk menimba ilmu ke Sekapuk. Bahkan, kami juga siap mengundang Kades Sekapuk dan jajarannya untuk berkunjung ke kabupaten kami," tandas Kadis PMD Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. (Didik Hendri Telisik Hati)

Baca Juga

Related Posts