qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Saidah Beri Apresiasi Acara Sedekah Bumi Dusun Banjarsari


Gresik, GNN 

Apresiasi tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Gresik Hj. Nur Saidah didampingi anggota DPRD Hamza Taqim, saat memberikan sambutan pada acara sedekah bumi Dusun Banjarsari Desa Banjarsari Kecamatan Cerme, pada hari Sabtu 25 Juni 2022 di Balai Desa Banjarsari.

NUR Saidah juga menyampaikan bahwa dirinya merasa kagum pada masyarakat Dusun Banjarsari yang begitu kompak dan antusias, Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan Sedekah bumi dan lestarikan budaya yang luar biasa ini belum perna disaksikan di daerah lain selama Ia mendapatkan undangan acara seperti Ini.

Ia juga akan menyampaikan bahwa ini merupakan sesuatu yang perlu diinformasikan kepada desa lainnya, sebab dengan kegiatan ini mampu membangun kebersamaan sekaligus melestarikan budaya daerah, dan tak kala pentingnya adalah membudayakan kebiasaan ungkapkan rasa syukur.

Politisi Gerindra ini juga berharap agar kita semua Ikhlas bersodaqoh baik secara pribadi maupun kolektif seperti ini, demi terbentuknya kurunkunan dan menjalin Silaturrahim itu yang penting di tengah zaman modern seperti ini, dan Alhamdulillah disini budaya dan tradisi jawa masih bertahan alias tidak luntur, pungkasnya sembari memberi kesempatan Hamzaj Taqim untuk melanjutkan sambutan. 

Saat menyambung sambutan dari wakil Ketua (NUR Saidah), Hamzah Taqim mengajak masyarakat untuk melestarikan kegiatan ini sebagai pelestarian budaya, serta bisa digunakan sebagai sarana untuk mendoakan leluhur sekaligus sebagai sarana menjalin Silaturrahim antar warga.

Sementara Kades Banjarsari Agus Suwondo, yang sekaligus mewakili panitia Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk lestarikan budaya sekaligus untuk ungkapkan syukur dengan cara bersedekah atas hasil bumi masyarakat baik tammbak, padi atau hasil bumi lainnya.

Agus Suwondo juga menceritakan bahwa kegiatan ini sempat ditiadakan lantaran ada wabah Covid 19 yang melanda dunia ini, Disamping itu Ia berharap semoga kegiatan ini bisa memicu kebersamaan serta keberkahan dalam pemulihan ekonomi kita semua, harapnya.

Didampingi Danramil Kapten INF Karmu dan perwakilan dari Polsek, Camat Cerme H. Umar Hasyim menyampaikan bahwa dengan kegiatan yang luar biasa ini, bisa dijadikan bukti tanda perekonomian Dusun Banjarsari sudah menggeliat lagi setelah dianda badai Covid 19 selama hampir 3 tahun ini.

Tak lupa Ia juga menyampaikan bahwa Desa Banjarsari masuk Perangkat 6 besar Lomba Desa se Jawa Timur, puangkasya sembari berharap kepada Kedua anggota DPRD Gresik yang hadir agar terus memberi suport kepada desa Banjarsari terutama dalam hal anggaran.

Acara ditutup dengan doa dan penilaian lombah tumpeng atau hasil bumi yang dihias oleh peserta baik itu atas nama RT atau pribadi, dan dilanjutkan pagelaran wayang kulit pada malam hari bersama Ki Blego Ardiyanto (WLO)


Baca Juga

Related Posts