qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Terima 1 Unit Excavator CSR Bank Jatim, Bupati Gresik ; Kita Tuntaskan Banjir Kali Lamong

GRESIK, GNN 

Pemerintah Kabupaten Gresik menerima bantuan berupa satu unit Excavator, Rabu (15/6/22). Bantuan tersebut merupakan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Jatim dalam rangka menjalin sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Gresik dengan Bank Jatim, sekaligus sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan kepada masyarakat.

Bertempat di ruang Putri Cempo kantor pemerintah Kabupaten Gresik, CSR diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman didampingi oleh pimpinan corporate secretary Budi Sumarsono kepada Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rahman, Kepala Bappeda Gresik Munir, Kepala Dinas PUTR Achmad Hadi, Kepala DLH Moh. Najikh, Pimpinan Corporate Bank Jatim Budi Sumarsono, dan Kepala Kancab Bank Jatim Gresik M. Indi beserta jajaran.

Pemerintah Kabupaten Gresik sampai saat ini masih memiliki pekerjaan rumah tahunan terutama untuk masyarakat Gresik selatan. Yakni penanganan banjir di kali lamong. Dalam rangka penanganan banjir ini, kami perlu bantuan dari seluruh pihak, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusat, Perusahaan daerah, Perusahaan Swasta dan Masyarakat untuk berkolaborasi bersama baik dari normalisasi, pembangunan paravet hingga pembebasan lahan," ucap Bupati Gresik saat sambutan.

"Gotong royong antara stakeholder, perusahaan dan masyarakat ini menjadi kunci dalam penanganan masalah di Gresik, terutama dalam hal ini banjir," tutur Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik.

Bank Jatim, Melalui CSRnya menunaikan tanggung jawabnya kepada masyarakat dengan memberikan bantuan berupa excavator kepada pemerintah Kabupaten Gresik, Dalam hal ini Dinas PUTR. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dari Bank Jatim kepada masyarakat Jawa Timur, khususnya di Gresik agar masyarakat bisa hidup lebih tenang dan nyaman terutama ketika musim hujan," ungkapnya.

"Adanya Excavator ini menambah armada kita untuk percepatan normalisasi mengurangi resiko banjir di musim hujan. Kami Pemerintah Kabupaten Gresik sangat berterima kasih atas kepedulian dari Bank Jatim. Mudah-mudahan alat ini membawa berkah dan manfaat untuk masyarakat Gresik," tutup Gus Yani.

Ditempat yang sama, Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman menyampaikan, Dalam rangka menjalin sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Gresik dengan Bank Jatim, sekaligus sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan kepada masyarakat. Bank Jatim akan menyerahkan secara simbolis Corporate Social Responsibility (CSR) berupa “Bantuan 1 Unit Excavator kepada Pemerintah Kabupaten Gresik," katanya.

"Semoga bantuan 1 Unit Excavator tersebut dapat digunakan untuk kelancaran pekerjaan normalisasi kali lamong dengan cara pengerukan dengan tujuan untuk mengurangi sedimentasi sehingga daya tampung air pada kali lamong lebih besar serta dapat mengurangi resiko terjadinya luapan air kali yang dapat mengakibatkan banjir," terangnya.

Berbagai layanan Bank Jatim telah hadir di tengah masyarakat digunakan untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi diantaranya penggunaan QRIS, J- connect mobile serta penggunaan e-channel untuk pembayaran pajak dan retribusi daerah. Tidak menutup kemungkinan kerjasama yang lain juga bisa segera terwujud. Kami berharap, agar sinergi Bank Jatim dengan Pemerintah Kabupaten Gresik dapat terus berjalan untuk mendukung perkembangan dan peningkatan roda perekonomian daerah," ungkap Busrul.

Mohon doa dan dukungannya agar Bank Jatim dapat terus menjadi mitra kerja Pemerintah Kabupaten Gresik yang berperan serta aktif secara berkelanjutan serta mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Jawa Timur khususnya yang ada di wilayah Gresik," harapnya.

"Saya mewakili manajemen berharap Bank Jatim Cabang Gresik dapat terus bersinergi serta berjalan beriringan dengan program yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Gresik selaku stakeholder maupun masyarakat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengembangkan potensi daerah," pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR Achmad Hadi menambahkan, Secara total Ini merupakan alat berat ke 10 sesuai spek ada yang kecil ada yang long dan standar. Secara garis besar kebutuhannya untuk 2 aspek yaitu jalan dan kali lamong. Untuk sementara ini kita fokuskan di kali lamong," terangnya.

Kali Lamong dengan panjang 60 km tersebut sudah ada 3 titik alat berat yang diterjunkan yaitu di Desa Jono, Pandu, dan Bangkelo lor kecamatan Benjeng alat berat CSR dari Bank Jatim ini akan ditempatkan di Desa Bengkelo Lor Benjeng. Salah satu tempat yang masih rawan potensi banjir ditambah dengan adanya waduk dan tanggul didaerah tersebut," ungkapnya.

Tahun kemaren sudah dikerjakan sepanjang 10 kilometer dan tahun ini kita targetkan 17 kilometer. Harapannya tahun 2023 sudah 80 persen normalisasi kita tuntaskan sehingga untuk tahun 2024 hanya tinggal pembenahan spot potensi agak ringan

Selain itu ruas Balongpanggang desa Dapet juga tidak luput jadi perhatian kami dengan mengoptimalkan 10 alat berat termasuk CSR dari Bank Jatim ini kita harapkan akan mempercepat penanganan normalisasi banjir kali Lamong," tandasnya. (dvd)

Baca Juga

Related Posts