qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Tiga Ketua Parpol Di Gresik Sepakat Wujudkan Demokrasi Substantif Untuk Rakyat, Saat KIB Terbentuk

Gresik, GNN 

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk oleh ketiga partai politik di Indonesia, Partai Golkar, PAN dan PPP dalam menyongsong pemilu 2024. Tidak hanya di tingkat pusat, di tingkat propinsi maupun kabupaten/kota juga terbentuk untuk menyatukan langkah demi tercapainya tujuan politik yang diharapkan.

Terbentuknya KIB di Gresik terjadi setelah terjadi silaturahmi antar pengurus tiga parpol Golkar, PAN dan PPP di kantor DPD Partai Golkar Jl. Panglima Sudirman Gresik, Minggu (26/6/2022). Kesepakatan pembentukan KIB ditingkat Kabupaten itu ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh ketiga ketua parpol di Gresik.

Ketua DPD Golkar Kabupaten Gresik, H. Ahmad Nurhamim dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa KIB merupakan format baru untuk menghadirkan demokrasi substantif kepada masyarakat.

"Kehadiran Koalisi Indonesia Baru ini diharapkan oleh masyarakat untuk menjadikan demokrasi yang kita bangun adalah demokrasi substantif," ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Anha itu, demokrasi subtantif yang dimaksud adalah demokrasi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. 

"alat perjuangan kita partai politik, ini adalah bagian dari sarana untuk kemudian mewujudkan apa yang menjadi cita-cita sebagaimana termaktub dan UUD 1945," jelasnya.

Anha juga merasa bersyukur, karena dengan terbentuknya KIB ini, telah mendorong intensitas komunikasi antar elit parpol untuk mewujudkan demokrasi subtantif tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh H. Khoirul Huda Ketua DPC PPP Kabupaten Gresik, KIB menunjukkan kedewasaan politik yang luar biasa.

"Disaat partai lain, masih mencari sosok calon, KIB tidak mencari calon, KIB sudah bicara visi misi kedepan untuk Indonesia," ujar pria yang menyebut KIB sebagai singkatan Kuning, Ijo (hijau) dan Biru (warna identitas dari ketiga partai tersebut.

Menurut santri dari KH. Masbuqin Faqih Suci yang akrab disapa Cak Huda itu, KIB lebih berorientasi pada visi misi bangsa dan tidak terfokus pada sosok.

"Visi misi ketiga partai ini sudah dibuat matang, siapapun nanti yang ditunjuk sebagai calon, insya Allah kita sebagai kader di bawah siap memenangkan," tegasnya penuh semangat.

Ketua DPD PAN Gresik H. Faqih Usman dalam forum tersebut juga menyampaikan keinginan KIB untuk menghadirkan demokrasi berkualitas di pemilu 2024.

"Kami PAN bersama PPP dan Golkar punya visi misi yang sama, bagaimana pemilu 2024 itu melahirkan demokrasi yang berkualitas," ujarnya.

Menurutnya, salah satu indikator demokrasi berkualitas yang dimaksud adalah memuncul pemimpin yang kuat.

"Itu yang pertama, yang kedua adalah memunculkan demokrasi substansial, tidak prosedural dan tidak transaksional," jelasnya.

Bagi Faqih Usman, pembentukan KIB merupakan langkah terbaik bagi ketiga parpol untuk bersinergi dan berkolaborasi.

"Ini adalah langkah awal yang baik untuk PPP, Golkar dan PAN untuk saling bersinergi, berkolaborasi," pungkasnya optimis. (Mad)

Baca Juga

Related Posts