qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Cegah PMK, Tim Puskeswan Balongpanggang Blusukan Ke Kandang Berikan Suntikan Vaksin Ternak

Gresik, GNN 

Tim vaksinator dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Balongpanggang melakukan kegiatan blusukan kekandang kandang guna pemberian vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak (Sapi) di wilayah Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, tepatnya di Desa Dapet, Rabu (06/07/2022) pukul 09.00 wib - selesai.

Kegiatan Vaksinasi tersebut dilaksanakan di Dusun Sugih Waras Desa Dapet oleh tim vaksinator Puseswan Balongpanggang yang dibantu oleh beberapa tim lainnya.

Saat ditemui Media GNN Kepala Puskeswan Balongpanggang Niken mengatakan bahwasanya target vaksinasi tahap satu di desa Dapet hari ini sekitar 135 ekor hewan ternak yang nantinya akan dilanjutkan untuk vaksinasi tahap kedua setelah kurun waktu 28 hari, ungkapnya

Niken juga menjelaskan bahwa seluruh hewan atau sapi yang sudah sehat akan diberikan suntikan Vaksin tahap satu sekaligus kita juga memberikan suntikan untuk mengurangi evek vaksin yang khusus kita suntikan kepada hewan atau sapi yang sedang hamil agar tidak terjadi demam ataupun alergi pada hewan tersebut. Pungkasnya

Sementara Kepala Desa Dapet Siswadi usai menghadiri acara di Pemkab Gresik, kepada GNN Ia menyampaikan Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Gresik dibawah Kepemimpinan Gus Yani sangat peka dan bertindak cepat terkait penanganan PMK  sehingga itu bisa membuat  masyarakat menjadi tenang dan tidak panik.

Atas nama Pemerintah desa dan Masyarakat desa Dapet saya ucapkan terima kasih kepada Gus Bupati, Puskeswan dan muspika maupun petugas yang terkait atas pelaksanaan penyuntikan vaksin pada Hewan (Sapi) pada hari ini.

Ia juga menjelaskan bahwa PMK yang merupakan penyakit baru, sehingga pencegahan lebih penting daripada pengobatan, jelasnya sembari menyampaikan bahwa setelah mendapatkan sosialisasi tadi pagi oleh Gus Bupati dan Dinas terkait kami akan menindaklanjuti untuk memenimalisir sekaligus pencegahan terhadap perkembangan PMK.

Siswadi juga menceritakan bahwa ada beberapa hal yang perlu di perhatikan antara lain kebersihan, memberi minum air, dan memberikan imun terhadap sapi dengan tanaman toga dan sebagainya.(mhr)


Baca Juga

Related Posts