qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Muspika Benjeng Bersama Tim Nakes Hewan, Sidak dan Lakukan Penyemprotan Di Lokasi Penyembelihan Hewan Kurban

Gresik, GNN 

Bentuk antisipasi dan sekaligus pencegahan penyebaran penyakit kuku dan mulut (PMK), Muspika Benjeng bersama dengan tim nakes hewan secara bersama sama melakukan sidak guna memastikan bahwa hewan kurban yang disembelih di wilayah Kecamatan Benjeng saat Idul Adha ini sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kegiatan yang diikuti personil gabungan TNI, Polri, Penyuluh Pertanian dan pegawai kecamatan Benjeng, serta tim nakes hewan ini dipimpin langsung oleh Camat Benjeng Hj. Siti Sulichah dengan sasaran di tiga tempat yakni Masjid Al Muhlasin Desa Bulurejo, Masjid Sabilul Muttaqin Desa Munggugianti dan Masjid Al Ikhlas Desa Klampok, sementara tim nakes hewan dikomandani oleh drh. Apriliwiyani Niken Hastuti dibantu beberapa relawan.

Disela sela kegiatan Camat Benjeng Hj. Siti Sulichah menyampaikan Alhamdulillah dari ketiga tempat tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dan tidak ditemukan hewan yang terindikasi terkena PMK. 

Ia juga mengatakan bahwa selain untuk msstikan hewan sembelihan (Kurban) juga dilakukan penyemprotan disinvektan pada lokasi penyembelihan dan hewan yang akan disembelih.

Tak lupa Siti Sulichah juga menyampaikan terimakasih kepada semua jajaran baik dari Polsek, Koramil dan tim nakes hewan dan relawan yang sudah menjalankan tugas dengan penuh ikhlas, Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Ta'mir Masjid serta panitia kurban yang telah menjalankan prosedur dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Sementara drh. Apriliwiyani Niken Hastuti menyampaikan bahwasannya hasil dari pengecekan tersebut ternak ternak yang  dipotong di 3 lokasi kondisinya sehat, cukup umur dan tidak ada indikasi penyakit PMK, Ia juga menyampaikan hasil dari pemeriksaan post mortem (setelah dipotong) juga tidak ditemukan adanya cacing hati, terangnya.

Selain itu Niken juga memberi arahan kepada panitia kurban tentang apa yang harus dilakukan usai penyebeliahan, pungkasnya.

Adapun hewan kurban tersebut adalah Sapi 5 ekor, kambing 5 ekor di Masjid Al Muhlasin Desa Bulurejo, dan di Masjid Sabilul Muttaqin Desa Munggugianti sebanyak 2 ekor Sapi,  28 ekor kambing, sedangkan di Masjid Al Ikhlas Desa Klampok, sebanyak 3 ekor Sapi dan 11 ekor kambing.(mhr/wlo)


Baca Juga

Related Posts