qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Korsik GP Ansor Tebuwung Iringi Upacara Detik Detik Proklamasi di Kecamatan Dukun

GRESIK, GNN

Kors musik (Korsik) adalah kelompok pemain yang memainkan musik pada waktu kegiatan upacara bendera dengan mengiringi beberapa lagu dan giat komando. Korsik sendiri dipimpin oleh seorang dirijen atau Konduktor.

Sedangkan alat kelengkapan korsik adalah bassdrum, snardrum, terompet, tuba, dan cymbal.

Semarak kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022 dalam peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan.  Gerakan pemuda (GP) ranting Tebuwung dengan korsiknya dipercaya oleh kecamatan Dukun sebagai pengiring upacara bendera kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022.

Adapun dalam giat pelaksanaan hari ini upacara yang termasuk bagian tehnis korsik adalah memainkan beberapa lagu seperti mengiringi lagu Indonesia raya, mengheningkan cipta, andhika bayangkara. Disamping pengormatan, laporan, kebesaran buka dan kebesaran tutup. Kegiatan upacara ditempatkan dilapangan bengawan solo Desa Dukunanyar Dukun Gresik dengan melibatkan Camat Dukun sebagai inspektur upacara koramil, paskibraka, korsik dan petugas upacara serta pembacaan detik detik proklamasi oleh Asroin Widyana anggota DPRD Gresik dari Golkar.

Ketua Pimpinan GP Ansor Tebuwung Ahmad Mustaghfirin mengatakan, Alhamdulillah GP Ansor Tebuwung dipercaya lagi untuk korsik pada momen upacara proklamasi kemerdekaan di kecamatan Dukun karena hampir 2 tahun kegiatan korsik vakum akibat pandemi covid 19." Tentu ini harus kita siapkan demi suksesnya kegiatan tersebut." Ujarnya (17/8/2022)

Ia menambahkan, kegiatan korsik ini adalah bagian dari syiar islam dan NU akan cinta atau Hubbul Wathan Minnal iman kepada NU dan NKRI." Hal ini menjadi penyemangat bagi GP Ansor Tebuwung dalam rangka ikut memeriahkan Kemerdekaan RI dan bagian dari upacara dengan korsiknya." Jelas Heri sapaan akrabnya.

Sementara itu pelatih Korsik GP Ansor Moh Hitak Wajdi berharap kegiatan ini dijadikan semangat kebersamaan dalam khidmah dan kebanggan dan Alhamdullah Korsik  sahabat GP Ansor bisa tampil maksimal dan terbaik." Saya optimis karena anggota korsik GP Ansor Tebuwung feeling musiknya sudah terlatih dan ketika latihan tinggal memadukan dan nyetel gitu saja."

"Hitak berharap ada regenerasi pada korsik GP Ansor hal ini bisa memberikan kesinambungan akan estafet dalam kors musik (korsik) tetap berlangsung dan Istiqomah untuk syiar dakwah GP Ansor ranting Tebuwung." Tandas Hitak Wajdi yang juga Kades Tebuwung Dukun Gresik (Syafik Hoo)

Baca Juga

Related Posts