qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Tim KTI MAN 2 Gresik Raih Medali Emas di Ajang Bergengsi Kompetisi Tingkat Internasional, Singkirkan 26 Negara di Dunia

GRESIK, GNN 

Benar-benar membawa berkah bagi Keluarga Besar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Gresik. Betapa tidak, Tim KTI (karya tulis ilmiah) MAN 2 Gresik berhasil singkirkan 26 negara di dunia dan berhak menyabet Medali Emas di ajang bergengsi Olimpiade Tingkat Internasional, Hari Jumat, 26 Agustus 2022 kemarin,

Tim KTI MAN 2 Gresik yang terdiri dari 5 siswa tersebut berkompetisi dengan 26 negara lainnya yang digelar secara offline pada 22 - 26 Agustus 2022 di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Kelima siswa cerdas dan brilian itu menyajikan KTI dengan judul 'DR.CO (Detector Co) as Intelligent Innovation of Healthy Air Detection Equipment'. 

Tak pelak, Widya Firdausi Ahla Samariansyah, selaku Ketua Tim sontak menerima banyak ucapan selamat dari keluarga besar MAN 2 Gresik atas raihan prestasi bergengsi ini. Bagaimana tidak,  lomba yang digelar Word Youth Invention and Innovation (WYIIA) kolaborasi dengan UIN Sunan Kalijaga ini diikuti oleh peserta dari 26 negara di dunia. 

Berikut daftar penghargaan dan peserta dari MAN 2 Gresik :

Gold Medal - Technology Category, Word Youth Invention and Innovation (WYIIA)

- Special Award - MYSO Malaysia Young Scientisf Organization

- IYSA Semi Grand Award


Anggota Tim :

1. Widya Firdausi Ahla Samariansyah , XII MIPA1 (Ketua) 

2. Nabila Istiqomah, XI MIPA1

3. Nayaka Mahesa Putra Subagyo, XI MIPA1

4. Oryz Pradipta Bramantyo, XI MIPA1

5. Mohammad Farrelino Aureya Yuliawan, XI MIPA1


Widya yang cinta dengan pelajaran sains ini membawakan karya tulis hasil penelitian lapangan dengan judul “DR.CO (Detector Co) as Intelligent Innovation of Healthy Air Detection Equipment”. Ia menjelaskan, penelitian ini dilakukan di rumah selama 3 minggu.

“Alhamdulillah meski masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan pembelajaran jarak jauh, Widya dan kawan-kawan tetap aktif melakukan bimbingan dan bersemangat mempersiapkan dan melaksanakan riset untuk mengikuti kompetisi ini. Semoga siswa MAN 2 Gresik lainnya dapat mencontoh kreativitas dan kerja keras tim KTI ini. Sekali lagi selamat untuk Widya dan seluruh anggota Tim KTI dan terima kasih kepada Kepala MAN 2 Gresik yang telah mensupport segala persiapan untuk mengikuti lomba ini,” ujar Trinarya selaku Waka kesiswaan. 

Kepala MAN 2 Gresik, Drs. H. Samari, MM merasa sangat puas dengan capaian siswanya dan mengapresiasi hasil kerja keras dan cerdas Tim KTI yang berhasil meraih Medali Emas tingkat Internasional. Beliau berpesan agar terus melanjutkan bakat dan keilmuannya, walau nanti sudah lulus dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik, Drs. KH. Sahid, MM didampingi Kasi Pendma Hj. Masfufah, M.Pd, turut bangga dan mengapresiasi prestasi yang luar biasa ini.

“Semoga menjadi motivasi bagi siswa lainya untuk terus meraih prestasi di kemudian hari dan terima kasih telah mengharumkan nama Kementerian Agama Kabupaten Gresik sekaligus kota santri Gresik dengan menorehkan sejarah sebagai Juara 1 dan berhak memboyong Medali Emas," ungkapnya. 

Dikonfirmasi terpisah terkait seabrek prestasi siswa MAN 2 Gresik, baik tingkat Jawa Timur, Nasional, hingga Internasional, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur Dr. Husnul Maram, M.H.I menyatakan turut bangga, bersyukur, dan memberikan apresiasi luar biasa atas capaian gemilang berkompetisi tingkat dunia bersama 26 negara lainnya. 

"Alhamdulillah MAN 2 Gresik terus berprestasi tiada henti untuk mewujudkan Madrasah hebat, Madrasah bermartabat, Madrasah Mandiri Berprestasi dan Madrasah Kelas Dunia. Terbukti, Tim KTI siswa MAN 2 Gresik berhasil meraih Medali Emas di ajang Kompetisi tingkat Internasional," tandas Husnul Maram yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kabag TU Kemenag Gresik, Kepala Kemenag Lamongan, dan Kepala Kemenag Surabaya ini. (Didik Hendri Telisik Hati) 

Baca Juga

Related Posts