qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Tuntaskan Imunisasi Anak, Bidan Desa Petisbenem Selenggarakan BIAN

GRESIK, GNN 

Guna untuk meningkatkan capaian imunisasi anak, yang sebelumnya cukup rendah karena adanya pandemi Covid-19 Posyandu Desa Petisbenem kerja bareng dengan UPT Puskesmas Duduksampeyan melaksanakan bulan Imunisasi Anak Nasional ( BIAN ) dipendopo Balai Desa Petisbenem Kecamatan Duduksampeyan, Senin, 22/08/2022 pagi.

Bian merupakan bulan imunisasi anak nasional yang bertujuan untuk mengejar cakupan imunisasi yang menurun akibat pandemi COVID-19. Pemberian imunisasi tambahan, campak, Rubella serta melengkapi dosis imunisasi polio dan DPT-HB-HiB yang terlewatkan.

Hadir dalam pelaksanaan BIAN kali ini adalah Khusnus dan Ningrum dari UPT  Puskesmas Duduksampeyan Wenny, S.M., selaku Bidan Desa Petisbenem dan juga dibantu para kader kesehatan desa Petisbenem.

Pelaksanaan bian tersebut di laksanakan oleh UPT Puskesmas Duduksampeyan melalui bidan desa Wenny s. m, untuk tiga dusun yang di pusatkan di pendopo Balai desa Petisbenem, tiga dusun tersebut antara lain dusun Benem Utara, benem selatan, dan dusun Petis.

Wenny selaku bidan Petisbenem  menjelaskan terkait tenaga medis, desa Petisbenem yang tidak ada perawat desanya dikarenakan pindah tugas dan belum ada penggantinya sehingga pelaksanaan Bian kali ini dilakukan wenny yang merupakan Bidan desa Petisbenem dengan di bantu oleh dua petugas dari Puskesmas Duduksampeyan, kader kesehatan posyandu, dan ibu ibu muslimat serta di dukung penuh oleh Pemerintah Desa Petisbenem kecamatan Duduksampeyan, jelasnya.

Wenny juga mengatakan bahwasanya Posyandu sendiri juga dilakukan setiap satu bulan sekali, karena hari ini bertepatan dengan pelaksanaan Bian maka dilakukan 1x penyuntikan dan ada juga yang di lakukan 2x penyuntikan terhadap balita yang belum mendapatkan imunisasi lengkap, maka dengan adanya Bian ini mereka mendapatkan cakupan imunisasi lengkap, sehingga cakupan imunisasi balita di desa Petisbenem terpenuhi khususnya balita yang ada di desa Petisbenem mempunyai daya tahan tubuh ( imun ) yang kuat.

"Selain itu, wenny juga menjelaskan secara kondisional dalam pelaksanaan Bian kali ini jumlah keseluruhan mendapatkan sasaran 90 anak balita yang ada di desa Petisbenem. 

Dengan bantuan petugas Puskesmas, ibu muslimat dan seluruh Kader kesehatan pelaksanaan kegiatan Bian hari ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala," pungkasnya.(mhr)


Baca Juga

Related Posts