qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Gubernur Jatim Khofifah Terima Penghargaan Inovasi Percepatan Pelayanan Publik

Jakarta, GNN gerbangnusantaranews.com 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022 dari TEMPO Media Group. Penghargaan khusus diterima untuk kategori Inovasi Percepatan Pelayanan Publik. 

Dalam sambutannya usai menerima penghargaan di Jakarta, Kamis (22/9/2022) malam, Khofifah mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan TEMPO. Ia menjadi satu-satunya gubernur perempuan di Indonesia yang meraih penghargaan bersama 12 bupati dan wali kota perempuan se-Indonesia. 

"Apa yang saya lakukan, saya biasa bekerja tidak menoleh kanan kiri. Bahwa ada apresiasi, ada penghargaan bagi kami ini bonus dari tim yang sudah bekerja keras, bekerja profesional. Dan tentu kami berharap ini akan memberikan penguatan bagi kami untuk bisa terus bekerja lebih baik dan memberikan pelayanan lebih cepat, lebih kreatif dan inovatif. Terima kasih untuk TEMPO atas apresiasi untuk seluruh tim Pemprov Jawa Timur. Tentu ini juga support dari Bupati dan Wali Kota di Jawa Timur," kata Gubernur Khofifah. 

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang hadir juga memberikan apresiasi kepada TEMPO. "Awards diberikan untuk memancing iklim kompetitif. Dan malam ini, TEMPO memberikan penghargaan khusus kepala daerah perempuan. Ini sangat inspiratif dan luar biasa," jelasnya. 

Dari 548 kepala daerah ada 80 perempuan atau 15,6 persen dari total kepala daerah di Indonesia. "Ada 1 gubernur atau satu-satunya gubernur tercantik di Indonesia, Mbak Yu Khofifah Indar Parawansa. Ada 3 wagub, 36 bupati definitif, 2 Pj bupati, 24 wabup, 8 wali kota, dan 6 wakil wali kota," kata Tito. 

Ia berharap, kepala daerah perempuan yang inspiratif yang menerima penghargaan dari TEMPO bisa menjadi contoh bagi yang lain. "Kepala daerah perempuan ini luar biasa dengan banyak prestasi. Semoga bisa menjadi teladan bagi semuanya," ujarnya. 

Selain Gubernur Khofifah, 12 bupati dan wali kota yang meraih penghargaan dari TEMPO Media Group, di antaranya Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie untuk kategori Inovasi Kota Toleransi, Bupati Tegal Umi Azizah untuk kategori Ekosistem Wirausaha, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika untuk kategori Pelayanan Warga, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari untuk kategori Inovasi Satu Data, Bupati Tulang Bawang Winarti untuk Kategori Mal Pelayanan Publik, dan Bupati Musi Rawas Ratna Machmud untuk kategori Pemberdayaan Masyarakat. 

Ada pula Bupati Bengkalis Kasmarni untuk kategori Aksesibilitas Informasi, Wali Kota Tanjung Pinang Rahma untuk kategori Sistem Seleksi CPNS, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana untuk kategori Revitalisasi Sungai, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah untuk kategori Peningkatan Sumber Daya Manusia, Bupati Buru Selatan Safitri Malik Soulisa untuk kategori Aksesibilitas Kesehatan, dan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani untuk kategori Literasi Bencana. 

Direktur Utama TEMPO Media Group, Arif Zulkifli mengatakan, kepala-kepala daerah perempuan ini adalah orang yang berani berpikir beda, berinovasi, memberi contoh, mewujudkan, dan mempertahankan berbagai upaya untuk mensejahterakan masyarakat. 

"Mereka adalah sosok-sosok yang tangguh dan menginspirasi. Mereka berhasil mengukir prestasi dengan caranya sendiri, pengorbanan yang tak sedikit, dan jalan yang berliku. Tak banyak perempuan yang mampu berkiprah di ranah publik dan domestik dalam waktu bersamaan," kata Arif Zulkifli. (Kj)


Baca Juga

Related Posts