qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Kades Karangankidul, Ajak Masyarakatnya Tingkatkan Syukur dan Istiqomah Bersedekah


Gresik, GNN 

Hal tersebut disampaikan Kades Karangankidul Sadi Purwanto saat menghadiri sedekah bumi yang diselenggarakan oleh Masyarakat Dusun Kalanganyar Desa Karangankudul pada hari Rabu, 7 September 2022 di halaman Balai dusun Kalanganyar.

Dihadapan seluruh elemen masyarakat yang hadir saat itu Sadi juga mengulas bahwa kegiatan sedekah bumi merupakan tradisi turun temurun yang diwariskan leluhur, dan ini sangat perlu untuk dilestarikan sebab dengan Sedekah Bumi, masyarakat bisa memberikan edukasi kepada generasi penerus.

Ia juga dengan suara lantang mengingatkan bahwa sedekah adalah salahsatu dari cara tolak balak, sehingga kebiasaan sedekah jangan berhenti saat sedekah bumi saja, namun harus dilakukan secara istiqomah dalam keseharian.

Sadi berharap dengan kegiatan sedekah bumi yang tidak boleh ditinggalkan adalah acara sakral yakni Doa bersama guna mendoakan para leluhur serta berdoa untuk diri, keluarga, masyarakat dan desa yang kita cintai ini.

Menyinggung terkait kebiasaan hiburan atau pagelaran seni tradisional atau hiburan saat sedekah bumi, Sadi mempertegas bahwa itu bagian dari rangkaian acara saja, artinya bisa diadakan atau tidak yang penting adalah membiasakan selalu bersedekah dan berdoa.Pungjasnya sembari berharap dengan Sedekah Bumi ini menjadikan dusun Kalanganyar  kedepan bisa gemah ripah loh jinawi (kekayaan alam yang melimpah), toto tentrem kerto raharjo (keadaan yang tentram)

Acara tersebut juga disajikan tumpeng raksasa yang berhias hasil bumi dan diarak keliling kampung menuju lokasi kegiatan dan diperebutkan oleh hadirin.

Acara berjalan khidmat dengan lantunan Dzikir dan Doa Bersama yang dipimpin Ustadz Naim dan diawali dengan Tausiyah atau ceramah Agama.(WLO)
Baca Juga

Related Posts