qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

PANEN PADI IP 400, HANYA ADA DI GAPOKTAN SAWO

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com

Dalam suasana guyup rukun, di jum’at pagi yang penuh berkah, 23 Septrember 2022, puluhan petani yang tergabung dalam Gapoktan Sawo Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik berkumpul di areal persawahan untuk mensyukuri nikmat berupa hasil panen padi yang melimpah. Kegiatan ini merupakan panen yang ke-3 di tahun 2022 dalam program TANAM PADI IP 400 seluas 80 hektar oleh Dinas Pertanian Kabupaten Gresik. 

Hadir dalam acara ini adalah Camat Dukun, PPL di BPP Dukun, kepala desa Sawo dan tim PT Petrosida Gresik.

‘’IP 400 merupakan program unggulan bagi kelompok tani yang memiliki potensi dan daya dukung teknis, misalnya ketersediaan air, alsintan, sarana produksi dan kesiapan lahan. Dan yang paling penting adalah kesungguhan petani dan pengurus gapoktan untuk mengawal program ini’’, demikian dikatakan Ibu Darmawati, SP, koordinator Penyuluh pertanian BPP Dukun. 

Ia menambahkan, ‘’Gapoktan Sawo adalah satu-satunya Gapoktan di Kabupaten Gresik yang sudah melaksanakan IP 400, tahun ini seluas 80 hektar’’, yang disambut tepuk tangan meriah hadirin. 

Tanaman padi yang di panen hari ini adalah padi varietas INPARI 32. MT ke 4 akan dilaksanakan akhir September dan di harapkan bisa panen akhir tahun ini dengan varietas genjah Cakrabuana.

Sujianto, selaku ketua Gapoktan Sawo, menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada petani yang ikut dalam program ini. ‘’Tanpa dukungan dan kerja keras petani, program apapun tidak akan jalan. Dan Alhamdulillah, kita selangkah bisa lebih baik. Gapoktan Sawo berkomitmen untuk membantu petani agar lebih sejahtera’’. Sujianto 

Ia juga menambahkan, bahwa selama ini pengurus Gapoktan berupaya maksimal agar kebutuhan pupuk subsidi, saprodi dan sarpras lain bagi petani tidak terkendala, ‘’meskipun dengan rino wengi (siang malam) pengurus Gapoktan harus ngumpul di kantor Gapoktan’’ yang langsung di sambut hadirin dengan teriakan ‘’ hidup gapoktan’’

Dalam kesempatan lain gapoktan juga mengajukan proposal pengajuan instalasi listrik ke PLN Sidayu lokasinya mulai dari sawah yang dipanen ini tepi jalan ketimur  sampai batas Desa Bulangan yang dikordinasi oleh bapak syamsul huda dengan timnya untuk memasang saniyo atau sibel guna mempermudah pengairannya agar hasil panen tambah melimpah, sambung Sujianto dengan penuh harap.

Kepala Desa Sawo, karno, ST, dalam sambutannya menyatakan kagum dengan kemajuan luar biasa yang di tunjukkan Gapoktan Sawo selama dua tahun ini. ‘’karena mayoritas adalah petani, keberadaan Gapoktan selama ini sudah di rasakan manfaatnya oleh petani, sehingga tugas kades sangat terbantu. Ayo tetap kompak dan maju terus, pemerintahan desa akan senantiasa mendukung program-program Gapoktan’’. Tegasnya

Sementara itu, Camat Dukun, Kiki Nuriyadi, MM, menyampaikan bahwa semangat Gapoktan Sawo yang paling mantab di kecamatan Dukun. Beliau juga meminta ke BPP Dukun agar menularkan semangat dan program ini ke Gapoktan lain. ‘’Jangan hanya Sawo saja bu Darma, desa lain juga harus di dorong agar bisa seperti Sawo’’. ‘’Saya juga petani sehingga bisa merasakan nikmat yang luar biasa bisa berkumpul seperti ini. Setelah menanam, saatnya merasakan panen adalah kenikmatan yang patut disyukuri’’. Apalagi, tambahnya, saat ini harga gabah mencapai Rp 5.800 per kg GKP." Ujar Camat Kiki (Syafik Hoo)

Baca Juga

Related Posts