qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Bantuan PIP untuk Siswa MTs, MA dan Santri Pondok Pesantren di Pulau Bawean Cair

GRESIK, GNN 

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah program pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah 6- 21 tahun yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Bantuan yang diberikan berupa bantuan finansial. Harapannya dengan PIP anak dari keluarga yang kurang mampu tersebut lebih terjamin pendidikannya sehingga angka putus sekolah bisa menjadi lebih ditekan.

Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Gresik melalui Seksi Pendidikan Madrasahnya menyalurkan Pencairan PIP untuk siswa MTs dan MA. Pelaksanaan Pencairan PIP bekerja sama dengan Bank Mandiri.

Pencairan PIP kali ini melalui jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) tahap 1 dan 2 sekaligus. Untuk pencairan MTs berjumlah 89 siswa sedangkan untuk tingkat MA berjumlah 374 siswa bertempat di MTs/MA Umar Mas'ud Sangkapura Bawean.

Ketua Yayasan Umar Mas'ud mengucapkan terima kasih, karena Madrasahnya dipercaya menjadi tempat  Pencairan PIP tahap I dan 2 untuk siswa MTs dan MA. Semoga Pencairan PIP bagi siswa dimanfaatkan dengan maksimal untuk kebutuhan dan perlengkapan pendidikan siswa. 

Dalam kesempatan tersebut MTs/MA Umar Mas'ud kedatangan tim monitoring dari Seksi Pendidikan Madrasah (Pendma) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik, yaitu Hj. Dra. Masfufah, M.Pd selaku Kepala Seksi Pendma (Pendidikan Madrasah) dan Iga Sri Moerni selaku penanggung jawab pencairan program PIP Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. "Alhamdulillah acara berlangsung dengan lancar," ungkap pejabat Kemenag Gresik yang tak kenal lelah turun langsung ke lapangan ini, Minggu (23/10/2022).

Selain itu, bantuan sosial program Indonesia Pintar (PIP) untuk santri Wustha dan Ulya Pondok Pesantren tahap I tahun 2022 dalam juga dalam proses pencairan. 

Hal tersebut sebagai lanjutan dari tahapan pencairan bantuan sosial PIP Pesantren Tahun 2022, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik melalui Seksi PD Pontren melakukan kerja sama dengan Bank Mandiri mendistribusikan bantuan PIP kepada 167 para santri penerima PIP tingkat Wustha dan Ulya Pondok Pesantren tahun 2022.

Pendistribusian dana PIP dilaksanakan di tempat Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafi (PKPPS) di PP Nurul Huda Sidogedungbatu Sangkapura Bawean dan PP Nasy'atul Barokah Paginda Tambak Bawean. 

Pelaksanaan pendistribusian bantuan PIP bagi para santri di Ponpes Nurul Huda dan PP Nasy'atul Baroka dipantau langsung oleh Pejabat Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Gresik dan Tim Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik. 

Kegiatan pembagian bantuan PIP bagi santri pondok pesantren tingkat wustha dan ulya di Bawean semuanya berjalan dengan tertib dan lancar. Untuk santri tingkat Wustha akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 375.000 dan untuk tingkat Ulya juga mendapat bantuan Rp 500.000 per santri.

Kementerian Agama merupakan salah satu dari 2 lembaga pemerintahan yang berwenang dalam penyelenggarakan PIP, hal ini sesuai dengan Inpres nomor 7 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar, dan Program Indonesia Sehat untuk Membangun Keluarga Produktif. Diantaranya mengamanatkan kepada Kemendikbud dan Kementerian Agama untuk menyiapkan KIP dan menyalurkan dana bantuan PIP kepada siswa yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya. (Didik Hendri Telisik Hati)

Baca Juga

Related Posts