qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

FGD Menganti : Kesiapan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir

Gresik, GNN 

Guna mempersiapkan dan mengantisipasi terjadinya bencana di wilayah Menganti, diselenggarakan Forum Group Discussions (FGD) kesiap siagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir, dipendopo balai desa Boboh kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, Rabu, 26/10/2022.

FGD kali ini dihadiri oleh Camat Menganti Gunawan Purna Atmaja, Perwakilan TNI dan Polri, Kepala Desa Boboh Abdul Majid beserta seluruh perangkat desa Boboh, dengan menghadirkan empat narasumber yakni Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik  Darmawan, Anggota DPRD Gresik, H.Khoirul Huda, Ali Mahmudi dan  Hj.Komsatun.

Camat Menganti Gunawan Purna Atmaja, saat membuka acara menyampaikan bahwa memasuki musim penghujan sangat rawan sekali adanya bencana alam terutama yang sering terjadi dikabupaten Gresik adalah Banjir, untuk itu sangat penting sekali bagi masyarakat mengerti bagaimana Kesiapanya dalam menanggulangi bencana banjir ini.

Sebagai Narasumber Ali Mahmudi (Komisi III) mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap masyarakat dengan memberikan kesiapan pada saat terjadi bencana apapun agar masyarakat bisa menanggulangi bencana tersebut.

Ia juga mengatakan untuk titik-titik yang menyebabkan terjadinya bencana banjir khususnya, akan kita bahas pada saat rapat paripurna DPRD Gresik untuk memberikan solusinya.

Sementara dikesempatan yang sama kepala Badan BPBD, Darmawan mengatakan bahwa desa yang sering dilanda bencana khususnya bencana banjir harus membentuk desa tangguh bencana guna untuk mengurangi dampaknya. 

Darmawan juga mengatakan bahwa dimusim penghujan ini BPDB sudah mendata potensi-potensi mana dan kita Kolaborasikan bersama semua stakeholder yang ada yaitu TNI, polri, dan seluruh organisasi yang ada dimasyarakat.

Selanjutnya Hj.Komsatun, memberikan paparan materi dan memberikan kesempatan kepada peserta yang hadir untuk menyampaikan segala keluhan kesan, saran dan masukan yang dijawab secara begantian oleh seluruh narasumber.(mhr)


Baca Juga

Related Posts