qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Lintas Sektor Kecamatan Benjeng Gelar Sosialisasi PTM

Gresik, GNN 

Bertempatkan di Pendopo Kecamatan Benjeng, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik bersama UPT Puskesmas Benjeng adakan sosialisasi penyakit tidak menular (PTM), Selasa,18/10/2022.

Kegiatan lintas sektoral tingkat kecamatan ini diikuti oleh Forkopimcam  Benjeng (Camat Dra. Hj. Siti Sulichah, Kapolsek Akp Tulus, SH , Danramil Kapten INF Salami), Kepala Desa (Kades) , Ormas (Fatayat dan Aisyah), Karang Taruna, dengan dihadiri oleh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, dr. Puspitasari Whardani yang didampingi Analis penyakit tidak menular dari Dinkes kabupaten Gresik ,Rizal Ghithrif, S.Kep.Ns., M. Epid.

Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman. yang termasuk kategori PTM ini diantaranya adalah stroke, penyakit jantung koroner, kanker, diabetes melitus, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan untuk itu didesa harus ada Pos pembnaan Terpadu (Posbindu )

Pos pembinaan Terpadu (POSBINDU) sendri adalah kegiatan skrining deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular  yang dikelola oleh, dari dan untuk masyarakat yang merupakan salah satu UKBM.

Disela sela kegiatan Kepada media GNN Analis PTM Dinkes Kabupaten Gresik Rizal Ghithrif, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya screening deteksi dini faktor resiko PTM secara lintas Sektor guna mendukung pelaksanaan Posbindu PTM yang ada dikabupaten Gresik dan program ini sudah kami laksanakan beberapa tahun yang lalu berbarengan dengan Diskes Provinsi pada tahun 2019 dan tahun 2022 ini Dinkes Kabupaten Gresik kembali mensosialisasikannya di enam kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik, terangnya

Lebih lanjut Rizal Ghithrif, mengatakan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Posbindu PTM yang telah tercapai yakni 1 desa 1 Posbindu PTM. dan pada tahun ini telah diadakan sertifikasi Posbindu PTM dan hasilnya adalah Mandiri.

Diakhir kegiatan sosialisai diisi dengan sesi tanya jawab.(mhr)


Baca Juga

Related Posts