qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Serius Tangani Banjir Kali Lamong, Gus Yani Susuri Sepanjang Kali


Gresik, GNN 

Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, SE., (Gus Yani) Serius tangani Kali Lamong yang menjadi biangnya banjir tahunan di wilayah Gresik selatan (Balongpanggang, Benjeng, Cerme dan Kedamean) selama ini.

Hal tersebut dibuktikan dengan intensitas Gus Yani dalam memantau progres pengerjaan normalisasi sepanjang kali lamong, seperti yang dilakukan hari ini (Jumat, 21/10/2022) yakni melakukan pemantauan secara langsung kondisi kali lamong dengan menyusuri sepanjang kali lamong (naik perahu) mulai Desa Banjaragung Kecamatan Balongpanggang sampai dengan Desa Gluranploso Kecamatan Benjeng.

VIDIO 
GUS YANI SUSURI KALI LAMONG

Kepada insan pers Gus Yani menyampaikan  "Alhamdulillah" hari Ini saya bersama Kadis PU dan Kabid SDA yang ditemani rekan rekan BBWS dan Kadis BPBD serta seluruh anggota BPBD Kabupaten Gresik, bisa secara langsung melihat kondisi real kawasan kali lamong, yang mana kali lamong ini setiap tahunnya mengalami banjir.

Namun 2 tahun terakhir ini fokus penangan pengendalian banjir di sungai kali lamong, dari sini kita bisa melihat aspek prioritas dalam penangan, dengan menyusuri ini kita bisa mengetahui titik kerawanan bencana yang harus diatasi.

Selain itu Gus Yani juga menjelaskan bahwa ada beberapa potensi kerawanan yang harus dilakukan tindakan, salahsatunya ada temuan di titik kali lamong tepatnya di desa Bengkelolor ada masyarakat melakukan kerja bakti memperbaiki tanggul yang longsor, dimana tempat tersebut yang pernah jebol yang mengakibatkan banjir di Desa Cermen Kecamatan Kedamean.

Dari kondisi tersebut Gus Yani meminta Dinas PU untuk menggeser alat berat untuk melakukan perbaikan tanggul agar tidak tergerus dan jebol.

Gus Yani juga menyampaikan bahwa saat ini normalisasi terus berjalan dan Dinas PU juga terus bergerak, ini bisa dilihat dengan adanya alat berat yang terus melakukan pengerukan disepanjang kali lamong.

Jadi kita juga bisa melihat perbedaan  saat ini dengan sebelumnya, yakni adanya hasil normalisasi yang sempit diperluas dan yang dangkal diperdalam, pungkasnya sembari berharap tahun ini dan seterusnya tidak ada banjir lagi.

Saat memulai penyusuran Gus Yani Mengajak untuk melakukan doa bersama, dan acara tersebut di titik Desa Banjaragung dihadiri Forkopimcam Balongpanggang (Camat M.Amri, Danramil Kapten INF Erik Tjahya dan Kapolsek AKP Muhammad Zainudin), Kades Banjaragung Hargianto, sementara di desa Gluranploso rombongan bupati yang menyusuri kali lamong disambut oleh jajaran Muspika Benjeng dan Pemdes serta masyarakat sekitar.(WLO)


Baca Juga

Related Posts