qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

30.000 Kader NU Jatim Bakal Penuhi Alun-alun Kanjeng Sepuh Sidayu, Pada Acara Apel Akbar

Gresik, GNN

Sebanyak 30.000 warga Nadliyin di seluruh Jawa Timur direncanakan bakal hadir, memenuhi lapangan Alun-alun Sidayu Kabupaten Gresik. Puluhan ribu kader Nahdlatul Ulama (NU) itu hadir dalam rangka menyongsong 1 Abad Nahdlatul Ulama. 

Wakil Sekretaris PCNU Gresik Ali Mujib mengatakan, selama persiapan menuju acara Apel Kader NU Jawa Timur, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama semua PCNU dan MWCNU se Jatim, Pemkab Gresik, OPD, TNI-Polri dan panitia lokal. 

“Dari jumlah 30.000 kader NU Jatim, yang sudah konfirmasi per hari ini sudah ada 28.850 kader NU Jatim siap menghadiri Apel Kader,” ucap pria yang juga Ketua Panitia Apel Akbar 30000 NU Jatim, Kamis (03/11/2022). 

Disamping itu, pada pelaksanaan apel kader NU Jatim juga disertai kegiatan Ziarah Auliya' dan Muassis NU di Gresik, Pawai Obor, Mujahadah, dan Ijazah Kubro mulai tanggal 9 sampai 10 November nanti. 

Berdasarkan roundown, pada tanggal 9 November pukul 14.00 WIB sampai 18.00 WIB. Para peserta kader NU direncanakan bakal ziarah ke Makam Sunan Giri, Maulana Malik Ibrahim, Makam Pojok (KH Umar Burhan, KH Zubair,) dan Makam Habib Abu Bakar Assegaf. 

Berlanjut ramah-tamah di rumah dinas Bupati Gresik Gus Yani. Lalu, kembali ziarah ke PP Qomaruddin, dan KH Faqih Maskumambang sampai pukul 20.00 WIB. 

Dari makam KH Faqih Maskumambang berlanjut kegiatan kirab obor yang diikuti sekitar 1000 kader dengan jalan kaki menuju Alun-alun Sidayu. Kemungkinan, jalur Daendles akan macet dan terjadi pengalihan arus lalu lintas. 

“Sepertinya ada pengalihan arus lalu lintas jalan Daendles, tapi untuk kepastian nunggu rapat akhir hari Senin, (08/11/2022),” tutur KBO Lantas Polres Gresik Iptu Ali Fauzi. 

Selain kirab obor juga ada perform 1000 ISHARI, Tari Saman SMA NU, Karawitan Lesbumi, Launching Syiir Dzikra Milady NU karya KH Umar Burhan, dan Kick Off 1 abad NU oleh PCNU Gresik, Festival Damar Kurung, dan Tari Tayung Raci. 

Dilanjutkan, Kamis dinihari (10/10/2022) istighosah, shalat subuh, dan ijazah kubro mulai pukul 02.00 WIB sampai 05.00 WIB. Dilanjutkan apel kader, sambutan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Taujihat Ketua PWNU, dan prosesi apel kader sampai pukul 08.00 WIB. (Hoo)

Baca Juga

Related Posts