qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

KPDK 2022 Kabupaten Gresik, Dengan Tema Sinergi Masa Kini, Resmi Di Buka

Gresik, GNN 

Dewan Kerja Daerah (DKD) Gerakan Pramuka kwartir cabang Gresik, menggelar Kursus Pengelolaan Dewan Kerja (KPDK) pramuka penegak dan pramuka pandega tahun 2022. Kegiatan ini digelar di aula gedung SMK YPI Darussalam, Cerme, Jum'at (04/11).

Kegiatan pelatihan manejemen atau pengelolaan organisasi Dewan Kerja Pramuka itu diikuti 50 peserta dari seluruh perwakilan ranting gerakan Pramuka di Kabupaten Gresik.

Ketua Kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Gresik sekaligus Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengatakan, KPDK merupakan kegiatan yang diadakan untuk menumbuhkan adanya sinergitas baik dalam level cabang maupun ranting.

"Tidak hanya itu, diharapkan juga ada sinergi dengan program-program dari Pemerintah Kabupaten Gresik. Ini sesuai dengan tema besar KPDK kali ini yakni sinergi masa kini," ujar Bu Min.

Bu Min, berharap bahwa pelaksanaan program Pramuka di masyarakat mampu menyentuh berbagai permasalahan yang saat ini tengah dihadapi di Kabupaten Gresik. Beberapa di antaranya adalah permasalahan sampah dan lingkungan, hingga persiapan sumber daya masyarakat dalam menghadapi persaingan dunia kerja.

"Contohnya saat ini, Pemerintah Kabupaten Gresik sedang berjalan program satu juta biopori. Ini bisa dibantu oleh adik-adik Pramuka dengan menyebar di tiap desa untuk membantu membuat biopori. Ini tentunya juga membawa dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat lantaran biopori bisa membantu meminimalisir terjadinya bencana hidrometeorogi," terang Bu Min.

Masalah persiapan SDM, ini lekat hubungannya dengan gerakan Pramuka. Ini karena gerakan Pramuka merupakan suatu gerakan masif yang dalam prosesnya adalah membentuk pribadi dan kreatifitas.

Sementara itu, panitia pelaksana KPDK dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini akan digelar dari tanggal 4 hingga 6 November 2022. Selama kegiatan berjalan, peserta akan mendapatkan berbagai materi dari kemampuan komunikasi dan branding hingga materi terkait kepemimpinan.

Materi-materi tersebut juga akan diberikan oleh pemateri yang berkompeten dalam gerakan kepramukaan. Di antaranya dari Pusdiklatcab Ujung Galuh, andalan pelatih daerah gerakan Pramuka Jawa Timur, Ketua dewan kerja daerah Pramuka Jawa Timur, dan Sekretaris dewan kerja nasional. (nnd)

Baca Juga

Related Posts