qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Musdes RAPBDES Tahun 2023 Desa Tanahlandean

GRESIK, GNN 

Pemerintah Desa Tanahlandean  Kecamatan Balongpanggamg melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun Anggaran 2023 yang dilaksanakan di pendopo balai desa Tanahlandean, Rabu, 30/11/2022

Musdes tersebut dihadiri oleh Camat Balongpanggang M. Amri didampingi Sekertaris Camat (Sekcam) beserta Forum Koordinasi Kecamatan (Forpimka),Seluruh Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan unsur elemen tokoh masyarakat dan lembaga kemasyarakatan desa.

Dalam kegiatan ini membahas dan mengesahkan RKPDesa Tahun Anggaran 2023 yaitu rancangan kegiatan pembangunan pada tahun 2023 dan sebagai acuan untuk menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) TA.2023.

Camat Balongpanggang mengatakan bahwa pada prinsipnya penyusunan anggaran umum itu harus fokus pada kebutuhan masyarakat bukan keinginan pribadi dan selanjutnya kebutuhan juga harus disesuaikan dengan  batasan koridor yang menjadi  prioritas setiap tahunnya 

Sebagai contoh untuk tahun sekarang yakni  dana covid 8% yang belum terserap boleh dialihkan untuk program kegiatan kesehatan masyarakat  desa dan lumbung pangan.ujarnya.

Lebih lanjut Amri juga menegaskan RAPBDes 2022 tetep fokus pada skala prioritas sesuai program tahun 2022 dan untuk RAPBDes tahun 2023, sesuai prioritas program Sustainable Development Goals (SDGs) yang diantaranya adalah pemulihan ekonomi yang menjadi kewenangan desa dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) kemudian program nasional yang menjadi kewenangan desa serta mitigasi bencana yang harus juga diperhatikan, termasuk pos pembiayaan desa siap.tegasnya.

Amri juga menjelaskan untuk program Bantuan Langsung Tunai  (BLT) sumber dari Dana Desa (DD) tahun depan hanya bisa diambil sebesar 25% dari dana desa itu pun harus diberikan kepada keluarga  yang benar benar membutuhkan atau bisa dikatakan miskin ekstrim.pungkasnya.(mhr)

Baca Juga

Related Posts