qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Launching Program Desa Berdaya CAFE TELAGA KOMBEN Desa Cerme Lor

VIDIO LAUNCHING CTK CERME LOR

GRESIK, GNN 

Kepala Desa ( Kades) Cerme Lor H.Aripin Bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gresik Drs Abu Hasan SH, MM., dan Forkopimcam Cerme (Camat H. Umar Hasyim, Danramil Kapten INF Toyip dan Kapolsek AKP Mushiram),Secara resmi launching Program Desa Berdaya" Cafe Telaga Komben" yang berlokasi didesa Cerme Lor Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik.Selasa,27/12/2022.pagi

Launching program desa berdaya"Cafe Telaga Komben" ini juga dihadiri oleh seluruh jajaran perangkat desa, BPD, LKMD, RT, RW, TP PKK, Karang Taruna, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

H. Aripin juga dalam sambutannya menjelaskan dikarenakan bahwa di Rw 8 desa cerme lor ini ada sebuah lahan yang sudah lama yang bertahun tahun tidak dipergunakan,untuk itu dari pada dipergunakan yang tidak baik lahan ini kita  perjuangkan dengan seluruh jajaran perangkat desa cerme lor dan disepakati bersama sama untuk dipergunakan sebagai lokasi wisata desa berdaya desa cerme lor.jelasnya

H. Aripin menyampaikan, kami desa cerme lor setapak demi setapak akan menjalankan program pemerintah dengan baik untuk perkembangan dan kemajuan desa cerme lor dan beliau berharap kepada seluruh masyarakat desa cerme lor bisa ikut  menjaga dan merawat serta ikut mengembangkanya dengan memberikan saran,kreasi dan juga inovasinya.

Sementara camat cerme H. Umar Hasyim mengatakan bahwa dengan lounching desa berdaya ini  membuktikan bahwa cerme lor betul betul tau keadaan era sekarang bahwa lahan lahan yang perlu dimanfaatkan yang berpotensi untuk pemasukan desa harus bisa dimanfaatkan agar bisa membantu perekonomian yang ada didesa.

H. Umar juga mengatakan bahwa desa yang ingin desa maju harus bisa sinergitas bersama sama lembaga lembaga pemerintahan terutama jajaran perangkat desa harus kompak karena dengan kekompakan itu yang akan menghasilkan hasil yang baik.

Abu Hasan SH, MM., selaku kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mengatakan bahwa desa Cerme Lor termasuk desa yang hebat,karena dari 330 desa se-kabupaten Gresik Cerme Lor termasuk 10 desa yang memperoleh program desa berdaya ini.

Abu Hasan juga menyampaikan dengan memanfaatkan lahan kosong ini merupakan ide cerdas dari kades bersama seluruh perangkat desanya dan dari seluruh desa berdaya yang berdekatan dengan stasiun rel kereta api yakni hanya desa Cerme Lor untuk itu potensi inilah yang harus bisa dikembangkan yaitu dari para penumpang kereta api dengan nama dan ornamen yang bagus yanf bisa dilihat dan bisa kunjungi para penumpang kereta api.

Ia juga menjelaskan bahwa indeks dari desa membangun telah mengantarkan kabupaten Gresik sebagai desa mandiri terbanyak tingkat nasional setelah kabupaten Bojonegoro untuk itu potensi potensi yang ada didesa Cerme lor ini bisa dikembangkan karena pada dasarnya diAnggaran Dana Desa ada tiga preoritas dan preoritas yang paling utama adalah pemulihan ekonomi untuk itu pemulihan ekonomi didesa Cerme Lor ini menjadi tematik dalam pemanfaatan Dana Desa (DD).

Lebih lanjut Abu Hasan mengatakan,setelah perekonomian sudah tertata dengan baik preoritas yang kedua yaitu menjalankan program progam yang menjadi preoritas nasional yang menjadi kewenangan desa diantaranya adalah kasus stunting dan juga menurunkan angka kemiskinan yang bersumber datanya dari desa harus bisa dievaluasi kembali.

Preoritas yang ketiga yaitu Mitigasi bencana yang juga harus dibentuk bersama sama dengan seluruh perangkat dan juga masyarakat agar disaat terjadi bencana apapun mitigasi bencana sudah siap menghadapi dan menanggulanginya.

Abu Hasan berpesan agar desa berdaya ini terus dikembangkan ada tahap berkelanjutan agar launching desa berdaya ini bisa menjadi sumber pendapatan dan juga menjadi perputaran ekomoni bagi masyarakat dan semoga desa Cerme Lor ini bersama sepuluh desa berdaya lainnya bisa berdaya secara mental dan bermanfaat bagi seluruh warga Cerme Lor.(mhr)

Baca Juga

Related Posts