Bumdesma Nirwana Kecamatan Cerme Gelar MAD Pertanggung Jawaban dan Perencanaan - Gerbang Nusantara News

31 Januari 2023

Bumdesma Nirwana Kecamatan Cerme Gelar MAD Pertanggung Jawaban dan Perencanaan

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) Nirwana Kecamatan Cerme menggelar Musyawarah Antar Desa (MAD) pertanggung jawaban tahun 2022 dan perencanaan tahun 2023 di balai desa Cerme Lor Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik, Selasa, 31/01/2023.

Kegiatan ini dihadiri dan diikuti oleh Camat Cerme H. Umar Hasyim ,Kepala Desa (Kades) Se kecamatan Cerme, BPD ,Ketua Kelompok Simpan Pinjam dan seluruh pengurus Bumdesma Nirwana.

Saat membuka acara tersebut Camat Cerme H. Umar Hasyim, menyampaikan bahwa manfaat Bumdesma adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat untuk itu melalui Bundesma ini kita bantu masyarakat yang membutuhkan khususnya dalam bantuan modal, melalui pinjaman modal dengan bunga yang relatif kecil sehingga masyarakat bisa terhindar dari rentenir atau bank harian yang memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan bunga yang besar.

H. Umar Hasyim berpesan jangan sampai kita punya bumdesma tapi masyarakat masih kesulitan untuk mencari pinjaman sehingga harus lari ke rentenir atau bank harian, karena tujuan adanya Bumdesma ini adalah untuk pertumbuhan ekonomi dan membantu mensejahterakan masyarakat serta mengurangi angka kemiskinan, untuk itu mari kita sama sama evaluasi kendala kendala yang terjadi selama satu tahun ini untuk mengembangkan Bumdesma Nirwana kecamatan Cerme ini. agar benar benar bermanfaat dan bisa membantu seluruh masyarakat yang ada diwilayah Kecamatan Cerme, ujarnya

Sementara Sapa'at salaku ketua dewan penasehat Bumdesma Nirwana dan sekaligus Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Cerme ini dalam sambutannya mengatakan bahwa program Bumdesma Nirwana saat ini yang menyentuh masyarakat masih program simpan pinjam, untuk itu masih perlu dikembangkan lagi agar program Bumdesma ditahun 2023 ini bisa membantu pemulihan ekonomi masyarakat diwilayah kecamatan Cerme, hal ini membutuhkan terobosan program baru, jadi tidak hanya program simpan pinjam saja.

Sapa'at berharap kedepannya diwilayah kecamatan cerme ini ada bantuan modal usaha yang dikelolah oleh masyarakat tetapi tetap dalam naungan Bumdesma Nirwana untuk itu kekompakan, kreasi dan inovasi sangat diperlukan agar Bumdesma Nirwana ini bisa terus dan terus berkembang.

Sedangkan Direktur  Bumdesma Nirwana Cicik Yuni K, dalam kesempatan yang sama menyampaikan laporan pertanggung jawaban Bumdesma Nirwana selama setahum berjalan yakni tahun 2022 dan beliau mengatakan bahwa ditahun 2023 ini program program Bundesma Nirwana akan kita samakan dengan tahun 2022 hanya karena ada penurunan nasabah untuk itu  gathering ketua klompok kita kurangi, terangnya

Lebih lanjut Cicik juga menyampaikan bahwa Bumdesma Nirwana juga sudah melaunching Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dibulan November 2022 kemarin dan saat ini sudah mendapatkan 12 nasabah yang sudah bergabung.

Dalam kegiatan tersebut ada beberapa masukan sebagai bagian dari masukan dan saran dari beberapa peserta musyawarah yang menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun program ke depan (mhr)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda