qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Ambil Sumpah Janji ASN dan Pelatikan Jafung, Bupati Ikfina Harap Jadi Generasi Smart ASN

Mojokerto, GNN gerbangnusantaranews.com 

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati memimpin secara langsung pengambilan sumpah janji Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelantikan Jabatan Fungsional dalam rumpun kesehatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Pada momen itu, Bupati Ikfina berharap para pejabat yang baru dilantik dapat menjadi generasi smart ASN.

Sedikitnya 114 orang resmi diambil sumpah janji ASN dan 48 orang resmi dilantik sebagai Pejabat Fungsional (Jafung) dalam rumpun kesehatan. Pada pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah janji ASN yang berlangsung di Pendopo Graha Maja Tama Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Kamis (9/3) pagi. Juga turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Plt. Kepala BKPSDM Bambang Eko Wahyudi, dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Ulum Rokhmat Rokhmawan. 

"Pegawai Negeri Sipil sebagai salah satu unsur Aparatur Sipil Negara yang dihadapkan pada tantangan era transformasi digital dan menyonsong perkembangan industri 5.0 yang menuntut aparatur sipil negara untuk menjadi generasi smart ASN," ujarnya.

Untuk mewujudkan generasi smart ASN, maka Bupati Ikfina mengimbau agar para ASN dapat menjalankan birokrasi berkelas dunia yang mempunyai delapan karakteristik.

"Yaitu integritas, nasionalisme, profesionalisme, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, hospitality, networking, serta entrepreneurship," bebernya.

Selain itu, dalam pengangkatan pertama dalam jabatan fungsional rumpun kesehatan, Bupati Ikfina menilai, tenaga kesehatan memiliki peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Serta tenaga kesehatan diharapkan mampu memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat secara baik dan optimal. 

"Dalam melaksanakannya tugas, Pegawai Negeri Sipil juga harus menerapkan nilai dasar core value ASN 'Berakhlak' yang merupakan akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif," tuturnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga mengajak, seluruh ASN Kabupaten Mojokerto dapat berkerja dengan penuh semangat dan terus mengembangkan inovasi serta mampu mencapai kinerja terbaik untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. 

"marilah kita bersama-sama membangun Kabupaten Mojokerto  sehingga dapat terwujud masyarakat Kabupaten Mojokerto yang Maju, Adil dan Makmur," pungkasnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Ikfina juga berpesan kepada seluruh pejabat yang baru dilantik, untuk dapat menyepakati dan berkomitmen terhadap tiga hal yang ingin Pemkab Mojokerto wujudkan bersama yakni integritas, profesionalitas, dan pengabdian.

Diketahui, berdasarkan golongan pada pelaksanaan pengambilan sumpah janji ASN terdiri dari 67 orang pada golongan II, sebanyak 45 orang pada golongan III, dan 2 orang pada golongan IV. Serta pada pelatikan pengangkatan pertama dalam Jafung rumpun kesehatan terdiri dari 12 orang  dilantik dalam jenjang ahli pertama dan 36 orang dilantik dalam jenjang terampil. 

Sementara itu terdapat pula CPNS yang diangkat menjadi PNS sebanyak 87 orang yang terdiri dari 27 orang dalam golongan III dan sedikitnnya 60 orang dalam golongan II.(hd)

Baca Juga

Related Posts