qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

BPBD Gresik Berikan Pelatihan dan Mitigasi Bencana Untuk Destana Desa Tanah Landean

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Salah satu upaya yang dilakukan dalam pengurangan risiko bencana yaitu dengan membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) yang didalamnya masyarakat diberi pelatihan mengenai berbagai macam bencana, termasuk apa yang harus dilakukan ketika bencana terjadi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik memberikan Pelatihan dan Pencegahan Mitigasi Bencana untuk Destana desa Tanah Landean yang dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal, 13 - 14 Maret 2023 dipendopo balaidesa Tanah Landean Kecamatan Balongpanggang.

Dihari pelatihan terakhir, Selasa (14/03/2023) BPBD Gresik memberikan pelatihan  dan pembekalan tentang tata cara penanganan serta mengantisipasi korban saat bencana terjadi.

Rahmad H. Selaku Kepala Bidang (Kabid) pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Gresik mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan apa yang harus dilakukan bilamana bencana datang, sehingga pada saat bencana itu terjadi mereka sudah mengerti bagaimana cara mengatasi bencana tersebut, karena setiap bencana itu berbeda tata cara mengatasi dan penanganannya.

Ia juga menjelaskan, bahwa pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana ini adalah upaya membangun agar mampu melaksanakan Pencegahan dalam penanggulangan bencana secara mandiri dan kemampuan tersebut diharapkan akan mengurangi dampak dan resiko bencana.

Sementara Feri Hermawan selaku Kades Tanah Landean mengucapkan banyak terimakasih kepada BPBD Kabupaten Gresik yang sudah memberikan pelatihan kepada Destana Desa Tanah Landean yang sudah dilaksanakan selama dua hari ini, karena dengan adanya pelatihan ini  Destana Desa Tanah Landean bisa faham dan mengerti bagaimana cara mengatasi sebuah bencana apapun yang akan terjadi.ungkapnya

Dengan pelatihan dan pencegahan mitigasi bencana ini semoga kedepannya kita selalu siap siaga ketika datang bencana apapun karena kita sudah diberikan bekal bagaimana tata cara mengatasi dan menangani bencana apapun.pungkasnya.(mhr)

Baca Juga

Related Posts