qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Fatayat NU Gresik Siapkan Kader Kawal Pembangunan Desa, Melalui Gekar LKL

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Gresik mengintruksikan, seluruh perempuan NU mengawal pembangunan di segala sektor mulai dari tingkat desa, jadi tidak hanya untuk regenerasi kader saja

Oleh sebab itu, organisasi pemudi NU di Kota Santri itu membekali 28 kader dengan Latihan Kader Lanjutan (LKL) di Ponpes Al Ikhlas Panceng Gresik, kemarin (5/3/2023)

Tim Fasilitator Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Jatim Khosiah mengatakan, bahwa gerakan perempuan PC Fatayat NU Gresik harus responsif terhadap setiap problem yang terjadi di masyarakat, baik sosial, politik, maupun kenegaraan. “Keterlibatan perempuan dalam pembangunan desa bukan hanya sekedar pelengkap. Perempuan harus turut berperan dalam semua tahapan pembangunan desa mulai dari tahap perencanaan hingga evaluasi pembangunan desa,” kata Khosiah.

Menurutnya, Fatayat NU Gresik berkomitmen mengawal isu-isu perempuan serta mengidentifikasi potensi dan masalah, mendampingi hingga menyelesaikan persoalannya.  "Sehingga memudahkan untuk mengadvokasi perencanaan dan penganggaran di desa dengan perspektif perempuan," ujarnya.

Diharapkan, LKL tersebut menjadi modal para kader Fatayat NU di masyarakat sehingga ada perubahan sikap dan perilaku positif terhadap situasi responsif gender.

 “Kader bisa mewujudkan kesiapan masyarakat atau demand side untuk membuat sebuah gerakan dalam program sehingga mampu supply side kebijakan untuk mewujudkan perubahan perilaku masyarakat, khususnya di desa dalam menyikapi isu-isu perempuan dan anak,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PC Fatayat NU Gresik Ainul Farodisa menambahkan, saat LKL peserta mendapatkan beberapa materi sebagai modal untuk mangawal desa mulai dari Pengarusutamaan Gender (PUG), UU Desa, Sustainable Development Goals (SDGs), Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan lain sebagainya. “Kami berharap kader bisa mendukung pembangunan berbasis pemenuhan perempuan dan hak anak secara riil dan terintegrasi mulai dari tingkat pemerintahan desa hingga pusat,” pungkasnya. (Hoo/Han)

Baca Juga

Related Posts