Gebyar Minum Tablet Tambah Darah Untuk Remaja Putri UPT SMP Negeri 34 Gresik - Gerbang Nusantara News

12 Maret 2023

Gebyar Minum Tablet Tambah Darah Untuk Remaja Putri UPT SMP Negeri 34 Gresik

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

UPT SMP Negeri 34 Gresik, selenggarakan kegiatan semarak gebyar minum tablet tambah darah untuk remaja putri (siswi) pada hari Jumat 10/3/2023, adapun kegiatan ini merupakan program UKS yang diberikan kepada anak perempuan dari kelas VII, VIII.

Siti Zahrotur Rofi'ah, S.Sos., mengatakan bahwa dirinya menyambut dengan baik atas program kesiswaan dan UKS, minum tablet tambah darah untuk siswi ini.

Ia juga mengharap kesiswaan dan pembina UKS beserta anggota untuk selalu memerhatikan kesehatan remaja putri UPT SMP Negeri 34 Gresik, agar semua anak perempuan dalam memgikuti pelajaran atau saat upacara bendera bersemangat atau tidak loyo, tandasnya.

Sementara Mohammad Lukis, S.Pd., selaku Waka. Kesiswaan menambah penjelasan dari tim Puskesmas bahwa anak remaja putri diminta minum tablet penambah darah mulai tingkat SMP/MTs sampai Mahasiswa dan para Ibu. 

Mohammad Lukis beserta tim akan rutin memberikan tablet penambah darah setiap 1 bulan sekali.

Senada juga disampaikan ketua tim dari Puskesmas Sukomulyo menjelaskan kepada semua remaja putri UPT SMP Negeri 34 Gresik, tentang manfaat minum tablet tambah darah. ”Kenapa remaja putri perlu membutuhkan zat besi,” ujarnya.

Karena untuk pertumbuhan cepat, kebutuhan meningkat dan haid menghilangkan darah rutin dalam jumlah cukup banyak, selain itu anak perempuan sebagai calon Ibu. Bila Ibu sudah hamil akan bertambah, terutama untuk perkembangan organ yang memerlukan asam folat.

Disamping itu, juga dapat mengatasi anemia/defisiensi besi, tanda-tanda anak yang terkena “Anemia” yaitu 5L diantaranya lemah, letih, lesu, lunglai, dan lebay yang akibat dari terkena Anemia adalah IQ menurun, daya tahan tubuh menurun, menurunkan produktivitas dan lain-lain.(k-lk)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda