qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Jelang Bulan Suci Ramadhan Muspika dan TP PKK Kecamatan Balongpanggang Gelar Syukuran

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com

Dalam rangka semarakan HUT Ke - 49 dan Hari Jadi Kota Gresik Ke 356, sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H, Muspika Balongpanggang bersama TP PKK Kecamatan Balongpanggang selenggarakan tasyakuran yang dikemas dalam bentuk acara doa bersama, Ceramah Agama dan Tumpengan dalam satu rangkaian acara yakni Peringatan Isra dan mi'raj Nabi Muhammad SAW. Di Pendopo Kecamatan pada hari Selasa (21/3/2023).

Acara tersebut selain Forkopimcam dan TP PKK Kecamatan Balongpanggang juga dihadiri oleh Kepala desa, Ketua TP PKK Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, kepala Sekolah dan Instansi yang ada di Wilayah Kecamatan Balongpanggang.

Pada Kesempatan tersebut Camat Balongpanggang M. Amri dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat spesial sebab dalam acara ini beberapa acara dilebur jadi satu namun tetap bisa khidmat dalam pelaksanaannya.

Terkait dengan datangnya bulan suci Ramadhan ini M. Amri berharap agar kita sama sama menjaga kondisi lingkungan masing masing agar tetap kondusif, aman dan masyarakat yang menjalankan ibadah di Bulan suci ini bisa menjalankan secara khusuk.

Selain itu Ia juga menyampaikan bahwa sudah menjadi tradisi di bulan suci Ramadhan sering bermunculan pedagang dipinggir jalan terutama makanan dan minuman saat jelang buka puasa, maka perlu adanya pengawasan agar tidak mengganggu aktifitas lainnya dan bila perlu Pemdes memfasilitasi titik titik strategis untuk para pedagang, Pungkasnya sembari menyampaikan bahwa dari Muspika (Kecamatan, Polsek, Koramil) akan melakukan pantauan selama bulan suci Ramadhan.

Sementara Ketua TP PKK Kecamatan Balongpanggang Zur'ah Amri disela sela acara mengungkapkan rasa syukur bisa melaksanakan kegiatan ini secara bersama sama.

Tak lupa Ia secara khusus menyampaikan terimakasih kepada semua ketua dan anggota TP PKK Desa yang telah berpartisipasi ikut serta mensukseskan acara lomba desa dan lomba 10 Program Pokok PKK di Desa Wotansari.

Terkait dengan datangnya bulan suci Ramadhan Ia mengajak kepada semuanya saja baik pengurus maupun anggota PKK untuk meningkatkan Ibadah di bulan Suci ini dengan tetap bersemangat dalam menjalankan program sebab saat bulan puasa peran ibu ibu sangat penting dan mendominasi, artinya banyak hal yang bisa dilakukan ibu ibu.

Lebih detail Ia mencontohkan peran yang bisa dilakukan ibu ibu saat bulan puasa antara lain :

- Di keluarganya mulai menyiapkan menu sahur dan buka biasa, membimbing anak dalam menjalankan ibadah puasa dan ibadah ibadah lainnya.

- Di masyarakat bisa melalui kegiatan Ibadah sholat tarawih berjamaah, pengajian, Khotmil Quran bersama, dan kegiatan sosial lainnya.

Ia juga tidak menyia nyiakan momen istimewa ini, untuk menyampaikan permohonan maaf kepada semua semuanya saja dan khususnya pengurus TP PKK apabila dalam pelaksanaan setiap kegiatan ada kekurangan, pintanya sembari berharap mari dimasa mendatang kita tingkatkan semua aktifitas guna kemajuan bersama.

Acara diakhiri dengan Ceramah Agama Oleh KH. Farihin dan doa yang dipimpin oleh KH. Moh. Mahmud serta penyerahan Cindera mata kepada pegawai kecamatan yang purna tugas (Pansiun).(WLO)


Baca Juga

Related Posts