qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

10 Juni 2023 Seluruh Kantin Madrasah di Gresik Harus Bersertifikat Halal

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik mendorong agar seluruh kantin Madrasah di Gresik bersertifikasi halal. Hal ini merupakan upaya Kemenag Gresik untuk menyelaraskan program prioritas nasional berkaitan dengan produk dan kantin halal.

Atas hal itu, Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah mengapresiasi langkah Kemenag Gresik. Bu Min sapaan akrab Wabup Gresik menilai, hampir semua Madrasah di Gresik belum memiliki sertifikat halal.

"Ini merupakan hal yang sangat positif. Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Gresik sangat mendukung Kemenag Gresik dalam mewujudkan kantin halal di Madrasah," kata Wabup Bu Min.

Menurut Bu Min, perlu dilakukan sosialisasi dan pendampingan yang intens terhadap pengelola kantin terkait dengan program ini. Sebab, kata Bu Min, untuk merealisasikan program ini dan tepat sasaran, maka sosialisasi harus dilakukan dengan serius.

"Pendampingan harus dilakukan secara intens dalam menjamin kehalalan produk yang mencakup penyediaan bahan, pengolahan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, penjualan, dan penyajian Produk yang dijajakan di kantin madrasah," tutur Bu Min.

Sementara, Kepala Kemenag Gresik Mohammad Ersat menyebut, ada sekitar 800 madrasah yang kantinnya belum memiliki sertifikat halal. Maka, dia meminta seluruh kantin diharuskan memiliki sertifikat halal paling lama hingga tanggal 10 Juni 2023.

"Kami akan menyiapkan sejumlah langkah, termasuk diantaranya para penyuluh untuk mendampingi madrasah dalam mengurus sertifikat halal," ujarnya. (iis)


Baca Juga

Related Posts