qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

TAKESI Desa Siwalan Panceng Gelar Expo Kuliner Ramadhan Sebulan Penuh

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Dalam rangka meningkatkan kemandirian ekonomi warga sekitar dengan jangkauan yang lebih luas, edukasi, terutama pada anak anak, Taman Keluarga Siwalan (TAKESI) desa Siwalan mengadakan Expo Kuliner Ramadhan selama sebulan penuh dengan mengusung tema Berusaha Bersama, Beruntung Bersama. 

Kegiatan Expo Kuliner Ramadhan ini sudah dimulai sejak tanggal 23 Maret hingga 22 April 2023 di Taman Keluarga Siwalan di desa Siwalan Kecamatan Panceng kabupaten Gresik yang dibuka mulai pukul 15.00 WIB hingga selesai dengan menjual produk kuliner buatan warga sekitar, mulai dari penjualan masakan rumahan sehari-hari olahan ikan, sayur, ketupat, Jajan olahan, makanan ringan dan banyak lagi yang lainnya.

"Dengan menggerakkan para pemuda karang taruna Expo Kuliner Ramadhan ini diadakan dengan tujuan untuk mengangkat perekonomian masyarakat yang ada di desa Siwalan ini dan sekaligus mengenalkan macam-macam produk kuliner yang telah dibuat sendiri oleh para warga dan kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, sudah mulai diadakan sejak tahun 2022", ungkap Najwatul Umadah selaku penjaga Expo sekaligus kaur perencanaan desa Siwalan.

Moh. Yusuf Sadewo, selaku panitia pelaksana kegiatan yang sekaligus  sebagai BPD desa Siwalan inj menjelaskan bahwa TAKESI adalah Taman Keluarga, maka fungsi utamanya adalah sarana bermain, belajar dan bersosialisasi bagi keluarga, adanya kuliner sejatinya sebagai sarana pendukung untuk kenyamanan, sekaligus menjadi usaha peningkatan ekonomi mandiri bagi warga, jelasnya.

Senada disampaikan Kepala Desa (Kades) Siwalan Mukh. Suhartomo bahwa kegiatan Expo kuliner ini merupakan kegiatan yang sesuai dengan visi misi kerja Kades, kegiatannya bermanfaat untuk semua masyarakat, maka segala kegiatan di TAKESI harus berasas manfaat untuk semua warga, menguntungkan semua pihak, dan tidak menjadi rivalitas unit usaha mandiri warga yang sudah ada sejak lama.ungkapnya

Sementara analis kebijakan ahli bidang pariwisata Disparekrafbudpora Kabupaten Gresik M. Fither Kuntajaya, ST.,MM., dalam hal ini mengatakan bahwa dengan adanya pendampingan dari pemerintah kabupaten melalui dinas terkait  untuk even even kuliner yang ada di desa pada bulan suci ramadhan ini akan menjadikan even  kuliner tersebut menjadi lebih berkualitas dan bermanfaat bagi banyak masyarakat, ungkapnya

Fither berharap agar kegiatan seperti ini bisa menjadi event tahunan yang selalu dinanti oleh masyarakat disektor wisata kuliner. Mengingat dari event ini juga akan bisa mengangkat kuliner kuliner khas dari desa, sehingga akan menjadi pemicu peningkatan perekonomian masyarakat.pungkasnya (FTR78/MHR)

Baca Juga

Related Posts