qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Kakanwil Jatim Bersama Kepala Kemenag Gresik Gelar Bimbingan Manasik Jemaah Haji Reguler : Diikuti 1.970 Jamaah, Tertua Berusia 93 Tahun

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Kemenag Gresik menggelar Bimbingan Manasik Jemaah Haji Reguler tingkat kabupaten Tahun 1444 H/2023 M. Acara ini berlangsung di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, dan diikuti oleh seluruh pegawai Kementerian Agama Kabupaten Gresik, serta peserta calon jamaah haji se-Kabupaten Gresik. Hadir juga Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Dr. H. Husnul Maram, M.HI dan Kepala Kemenag Gresik, Drs. H. Moh. Ersat, M.HI.

Kepala Kemenag Gresik Drs. H. Moh. Ersat, M.HI dalam acara ini membacakan laporan panitia bimbingan manasik haji di tingkat kabupaten, yakni :

1. Nama Kegiatan 

Kegiatan ini kami beri nama Bimbingan Manasik Jemaah Haji Reguler Tingkat Kabupaten Calon Jamaah Haji Tahun 1444 H/ 2023 M.

2. Tujuan 

- Meningkatkan Pemahaman, Pengetahuan, Ketrampilan dan Kompetensi Calon Jemaah Haji Mabrur sesuai tuntutan syariah

- Meningkatkan Pemahaman Jemaah Haji tentang Manasik Haji.

- Meningkatkan kemampuan Jemaah Haji terhadap proses menuju jemaah haji yang mandiri dan ramah lansia.

3. Peserta Kegiatan    

Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Jamaah Haji Tahun 1444 H/2023M di Kabupaten Gresik berdasarkan data jemaah haji lusan per 5 April 2023 dengan jumlah peserta 1.970 Jamaah dan PHD/Pembimbing 17 orang. Calon jemaah paling Muda usia 18 tahun atas nama AVIVENNA PRAMESTA AKBAR BIN MOCHAMAD SUWANDI Kembangan RT. 004 RW. 002 Kebomas, usia tertua 93 tahun atas nama SAHID BIN TEMEN Tlanak RT. 001 Rw. 005 Sembung Wringinanom

Adapun rincian sebagai berikut :  

a. Berdasarkan Kelamin : 

      Laki laki = 929 Jamaah 

      Perempuan = 1.041 Jamaah

b. Berdasarkan Pendidikan

     SD = 525 Jamaah

     SMP = 289 Jamaah

     SMA = 564 Jamaah

     D1/D2/D3 = 68 Jamaah

     S1 = 393 Jamaah

     S2 = 37 Jamaah

     S3 = 4 Jamaah

c. berdasarkan Pekerjaan 

     PNS = 188 Jamaah

     TNI/POLRI = 10 Jamaah

     PEDAGANG = 54 Jamaah

    PETANI = 254 Jamaah

    SWASTA = 797 Jamaah

     IRT = 496 Jamaah

     PELAJAR. = 66 Jamaah

     BUMN = 95 Jamaah

     PENSIUNAN = 10 Jamaah

d. Berdasarkan usia

     18 20 = 5 Jamaah

     21 30 = 71 Jamaah

     31 40 = 119 Jamaah

    41 50 = 400 Jamaah

     51 60 = 753 Jamaah

     61 70 = 500 Jamaah

     71 80 = 88 Jamaah

     81 93 = 33 Jamaah


4. Materi Bimbingan :

- Kebijakan Pemerintah Indonesia Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah

- Kebijakan Pemerintah Terhadap Jemaah Haji Lansia   

- Kebijakan Teknis Pelayanan Kesehatan Jemaah Haji

- Alur Perjalanan Ibadah Haji    

5. Dll

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Husnul Maram, M.HI membuka acara dan memberikan sambutan bahwa jamaah haji sebaiknya bersyukur bisa berangkat tahun ini.

"Bersyukur bahwa jamaah haji dipanggil oleh Allah. Jika diberi kesehatan fisik, mental, dan ekonomi tapi tidak dipanggil oleh Allah maka tidak akan berangkat juga," Tutur Dr. H. Husnul Maram, M.HI, Kakanwil asli putra daerah dari Desa Bolo, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Selasa (9/5/2023). 

Selain itu Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Dr. H. Husnul Maram juga memperkenalkan seluruh petugas-petugas haji mulai dari ketua kloter, pendamping haji (yang telah ditunjuk), hingga dokter dan medis kepada seluruh jamaah haji yang datang di acara bimbingan manasik haji ini.

Beliau berharap dengan adanya petugas-petugas haji yang telah ditunjuk seperti di atas, dapat membantu seluruh jamaah haji yang membutuhkan bantuan dan bisa memberikan fasilitas terbaik kepada jamaah haji agar tetap aman dan nyaman selama melakukan ibadah haji.

Selain membuka acara, memberikan sambutan, dan memperkenalkan seluruh petugas-petugas haji. Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jatim juga memberikan bimbingan seputar ibadah haji mulai dari rencana keberangkatan, barang bawaan, makanan, hingga transportasi selama melakukan ibadah haji. 

"Semoga dengan adanya bimbingan manasik haji reguler tingkat kabupaten di Gresik ini, dapat memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat kepada seluruh jamaah haji dan dapat menjadikan seluruh jamaah haji tahun ini menjadi haji yang mabrur dan diterima oleh Allah SWT," pungkas alumni MAN 1 Gresik yang pernah nyantri dan ngaji kepada KH. Ahmad Muhammad Al Hamad ini. (Didik Hendri Telisik Hati)

Baca Juga

Related Posts