qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

MAN 1 Gresik Awali KBM Usai Libur Lebaran dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Halalbihalal

GRESIK, GNN gerbangnusantaranews.com 

Setelah libur lebaran, MAN 1 Gresik, Mengawali hari efektif pertama  dengan selenggarakan Upacara Bendera dan Halalbihalal. Upacara Bendera dilaksanakan dalam rangka memeringati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2023. Kegiatan tersebut pun diikuti oleh seluruh guru, pegawai, dan siswa MAN 1 Gresik.

Bertugas sebagai pembina upacara dalam kegiatan tersebut yakni Waka Kurikulum MAN 1 Gresik Ibu Siti Amriyah, S.Pd. Dalam kesempatan tersebut wakil kepala madrasah yang mengajara mata pelajaran Fisika tersebut menyampaikan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Bapak Nadiem Anwar Makariem.

Sambutan tersebut berisi tentang ketercapaian inovasi pendidikan Indonesia. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir sebanyak 24 episode merdeka belajar telah diimplementasikan dalam pendidikan di Indonesia. Hal itu semakin mendekatkan pendidikan Indonesia pada cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota manusia.

Pada pembelajaran hari ini, peserta didik dapat belajar dengan tenang, karena pembelajaran hari ini dapat dinilai secara lebih holistik bapak/ibu guru. Para pemangku kebijakan pendidikan juga dimudahkan untuk melakukan kontrol keberhasilan peserta didik dengan adanya platform raport pendidikan. Sehingga dapat dengan mudah perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Dari segi pendanaan, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dapat digunakan secara fleksibel. Dana BOS dapat digunakan untuk kegiatan peningkatan kualitas pembelajaran. Begitu juga dengan Dana Indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan.

Setelah penyampaian sambutan Menteri Pendidikan RI, Ibu Siti Amriyah, S.Pd menyampaikan beberapa informasi. Informasi tersebut meliputi hari efektif KBM. Mulai Bulan Mei 2023, KBM efektif dilaksanakan hari Senin - Jumat. Kemudian pada hari Sabtu diselenggarakan kegiatan ektrakurikuler wajib Pramuka. Keaktifan dalam kegiatan Pramuka menjadi syarat mengiktui penilaian akhir tahun (PAT).

Setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian reward siswa berprestasi selama bulan April 2023. Total terdapat 5 prestasi yang berhak mendapatkan reward baik tingkat Kabupaten hingga tingkat nasional. Kemudian satu persatu siswa bersalaman dengan guru dan pegawai untuk saling memaafkan.

Satu hal yang cukup unik yaitu busana yang dikenakan oleh peserta upacara. Guru, pegawai, dan siswa MAN 1 Gresik mengenakan busana adat. Guru dan pegawai MAN 1 Gresik mengenakan busana adat Gresik. Sedangkan siswa MAN 1 Gresik mengenakan adat daerah di nusantara. 

"Dari seluruh peserta upacara yang mengenakan pakaian adat, terpilih 18 siswa yang mendapat predikat best custom. 18 siswa tersebut pun mendapatkan hadiah dari madrasah," terang Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I, Selasa (2/5/2023). (Didik Hendri Telisik Hati)

Baca Juga

Related Posts