Tahfidzul Qur'an sebagai Program Unggulan TKM 41 Mojopurowetan Bungah Gresik Jawa Timur - Gerbang Nusantara News

17 Juni 2023

Tahfidzul Qur'an sebagai Program Unggulan TKM 41 Mojopurowetan Bungah Gresik Jawa Timur

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 
Kepala TKM NU 41 Hidayatul Mubtadiin Saidatur Rofi'ah, S.Pd., saat acara Imtihan Ke-1 Program Tahfidzul Qur'an KB NU 04 Al-Firdaus dan TKM NU 41 Hidayatul Mubtadiin Mojopurowetan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik Jawa Timur  pada hari Sabtu, 17 Juni 2023, dalam sambutanya Ia menyampaikan bahwa Tahfidzul Qur'an adalah salah satu program unggulan di TKM NU 41 Hidayatul Mubtadiin dan ini merupakan tahun pertama untuk program Tahfidzul Qur'an, dari 23 peserta didik yg memilih program ini, 8 anak (4 anak dari kel. A dan 4 anak dr kel. B)  sudah berhasil menghafalkan surat Asy- Syam s/d An- Nas, dengan kwalitas hafalan sangat baik, terbukti dari 20 prestasi yg diraih peserta didik, 9 diantaranya di bidang Tahfidzul Qur'an, baik di tingkat kabupaten Gresik
 maupun provinsi Jawa Timur.

Disamping program Tahfidzul Qur'an , TKM NU 41 Hidayatul Mubtadiin mempunyai beberapa program non akademik yaitu menggambar, melukis, membatik, pencak silat dan Tari, jelasnya.

Sementara Pengawas TK/SD kecamatan Bungah Gresik Ibu Munafiah menyampaikan 6 kemampuan fondasi yang merupakan program yang diluncurkan Kemendikbudristek.
Lebih lanjut Ibu Munafiah mengatakan bahwa ini merupakan program merdeka belajar episode ke- 24 yakni transisi dari PAUD ke SD/MI yang menyenangkan.


Ia juga menjelaskan apa yang sudah dikatakan Mendikbudristek terkait bagian bagian dari 6 kemampuan fondasi tersebut yakni :
1. Mengenal nilai agama dan budi pekerti
2. Keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi
3. Kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar
4. Kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar
5. Pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri
6. Pemaknaan belajar adalah suatu hal yang menyenangkan dan positif.
Jadi salah satu cara untuk memahami karakter anak adalah kita perlu menghargai semua kemampuan anak. Semua potensi tersebut harus dihargai, tidak hanya pada aspek kognitif tetapi juga aspek sosial dan emosional, itu semua perlu di hargai.” ujarya sembari mengakhiri sambutanya.

Diketahui acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Qiroatul Qur'an bil ghoib, sambutan-sambutan (Kepala TK ,Pengawas TK/SD kecamatan Bungah, Pengurus YPI Nusantara Mojopurowetan Bungah Gresik ) Imtihan oleh Ibu Penguji, Penyematan Mahkota dan sertifikat, dan ditutup dengan doa.(eva)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda