FGD Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Kedamean Hadirkan 3 Anggota DPRD Gresik Sebagai Narasumber - Gerbang Nusantara News

15 Juni 2023

FGD Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Kedamean Hadirkan 3 Anggota DPRD Gresik Sebagai Narasumber

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Sebagai upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dalam pelayanan publik terkait pelayanan kesehatan, Kecamatan Kedamean adakan Focus Group Discussion (FGD) yang di laksanakan di aula Kecamatan Kedamean Kamis, 15/06/2023.

Kegiatan FGD dengan tema peningkatan kesejahteraan rakyat dalam pelayanan kesehatan yakni UHC, KIS dan KIP ini diikuti oleh seluruh Kaur Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Se-Kecamatan Kedamean. 

Adapun 3 narasumber dari Anggota DPRD Kabupaten Gresik tersebut adalah Komisi I DPRD Gresik Muh. Nasir,  Anggota Komisi III DPRD Gresik Hj. Komsatun, S.Sos. dan Komisi II DPRD Gresik Hj. Siti Fatimah, S.Pd. 

Kegiatan ini diawali dengan pengenalan Hj. Siti Kholifah sebagai Sekretaris Camat (Sekcam) yang baru.

Camat Kedamean Drs. Sukardi, M.M., saat membuka FGD tersebut menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir agar bisa mengikuti FGD ini dengan baik agar bisa membantu dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan juga bisa menyampaikan keluhan keluhan pelayan kesehatan yang terjadi di masyarakat agar bisa di carikan solusinya secara bersama sama dengan anggota DPRD, himbaunya.

Dalam paparannya Anggota Komisi III DPRD Gresik, Hj. Komsatun, S.Sos. menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir terkait program pelayanan kesehatan yang telah di buat oleh Bupati Gresik yakni program Universal Health Coverage (UHC) yang merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga/masyarakat dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Program ini diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Program JKN/KIS bertujuan untuk memberikan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dan memberikan perlindungan finansial.

"Bila ada keluhan dari masyarakat bisa langsung dibawah ke puskesmas berobat gratis dengab mengikuti Program UHC hanya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun Kartu Keluarga (KK).

Pemaparan dilanjutkan oleh Anggota Komisi II DPRD Gresik, Hj. Siti Fatimah, S.Pd. yang menyampaikan tentang pelayanan puskesmas khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Kedamean harus bisa memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin kepada seluruh masyarakat.

Hj. Siti Fatimah berharap agar masyarakat yang mampu yang sudah mengikuti BPJS Mandiri agar tetep diteruskan tidak diputus dan mengikuti program kesehatan gratis pemerintah, karena program kesehatan gratis pemerintah diutamakan bagi masyarakat yang tidak mampu.

Sementara Anggota Komisi I DPRD Gresik, Muh. Nasir menjelaskan bahwa FGD ini adalah program DPRD dalam bentuk forum diskusi yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi bupati Gresik yakni mewujudkan Gresik baru yang mandiri, sejahtera berdaya saing, pembangunan berkelanjutan, ujarnya.

"Tujuan dari forum ini ialah untuk menggali informasi, ide ide dan gagasan baru dari seluruh lapisan masyarakat yang nantinya akan kita ditampung dan kita bawah ke forum yang lebih tinggi, untuk itu kami berharap agar peserta yang hadir ini bisa memberikan ide ide dan gagasan gagasan yang baru, pungkasnya.

Usai paparan materi, seluruh peserta yang hadir diberikan kesempatan untuk bertanya maupun menyampaikan keluh kesah dan kendala dalam pelayanan kesehatan.(mhr)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda