Gali Potensi Santri, Mahasiswa KKN-T Unesa Gelar Lomba Aria di Desa Sombron Nganjuk - Gerbang Nusantara News

06 Juni 2023

Gali Potensi Santri, Mahasiswa KKN-T Unesa Gelar Lomba Aria di Desa Sombron Nganjuk

NGANJUK, GNN gerbangnusantaranews.com

Al-Mubarok Ceria atau disingkat Aria merupakan lomba yang diadakan oleh Mahasiswa KKN-T Universitas Negeri Surabaya kelompok 26. Nama tersebut diambil dari nama salah satu TPQ yang berada di Desa Sombron, yaitu TPQ Al-Mubarok. Lomba yang dilaksanakan pada Rabu (17/05/2023) ini merupakan realisasi dari salah satu program kerja yang dirancang oleh KKN-T kelompok 26. Perlombaan berlangsung kurang lebih selama satu jam mulai dari pukul 15.30-16.30 WIB. Adapun jenis perlombaannya meliputi lomba azan, kaligrafi, tartil, dan da'i cilik.

Perlombaan ini dirancang untuk mengetahui potensi minat dan bakat para santri-santriwati TPQ Al-Mubarok, terutama dalam bidang keagamaan. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN-T kelompok 26 ini menyelenggarakan beberapa jenis kelas pelatihan sebelum lomba Aria yang dilakukan seminggu sekali di hari Kamis. Adapun kelas pelatihan ini meliputi kelas kaligrafi, kelas azan, kelas tartil, dan kelas da'i cilik. Dengan dibantu oleh ustaz/ustazah disana, program ini berhasil dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. 

“Saya merasa terbantu dengan adanya program ini. Jika nanti ada perlombaan antar tpq mungkin bisa ambil dari kelas-kelas pelatihan tadi,” ucap Zaenal, Kepala TPQ Al-Mubarok.

Selain menggali potensi para santri-santriwati, lomba Aria ini dinilai dapat menumbuhkan mentalitas serta keberanian mereka dalam menghadapi perlombaan yang mewakili TPQ. Melalui Aria, mereka dapat belajar bagaimana skema perlombaan serta apa yang perlu disiapkan jika nanti ada perlombaan antar TPQ.

Sebagai lanjutan dari program kerja yang bekerja sama dengan TPQ, mahasiswa KKN-T kelompok 26 juga mengadakan haflah perpisahan dengan nama yang sama yakni Al-Mubarok Ceria (Aria) dan berlangsung di Masjid Al-Ghazali pada Kamis (18/05/2023). Rangkaian acaranya meliputi pembukaan, pengumuman pemenang lomba Aria, serta penutupan. Acara ini juga merupakan simbol berakhirnya program kerja antara mahasiswa KKN-T kelompok 26 dengan warga TPQ Al-Mubarok.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda