GUS IWAN Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Gelar Workshop "Strategi Mengembangkan Desa Wisata" - Gerbang Nusantara News

27 Juni 2023

GUS IWAN Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Gelar Workshop "Strategi Mengembangkan Desa Wisata"


Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com

Sebagai upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) ditingkat desa, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Dr. H. Ahmad Iwan Zunaih, LC, MM, M.Pd.I., selenggarakan kegiatan workshop dengan mengusung tema "Strategi Mengembangkan Desa Wisata" di aula SMK Maarif NU Benjeng pada hari Senin, 26 Juni 2023 dengan peserta dari berbagai unsur antara lain perangkat desa, guru, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta berbagai elemen masyarakat lainnya.

Pada acara yang menghadirkan beberapa nara sumber yakni Titik Temu Consulting Murjito, SH., dan Direktur Bumdesa Pelemwatu Setyo Hadi Pramono, ST., serta pegiat desa Sulaiman Wello ini, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Dr. H. Ahmad Iwan Zunaih (GUS IWAN) menyampaikan bahwa salahsatu item yang diharapkan bisa percepat pemulihan ekonomi saat ini adalah sektor pariwisata, sehingga ini perlu untuk dikembangkan dengan berbagai strategi untuk merealisasikan, termasuk didalamnya adalah bagaimana mewujudkan desa wisata. 

Gus Iwan juga mengingatkan bahwa modal dasar dalam membangun desa wisata selain menggali potensi desa adalah menyiapkan SDM masyarakat desa.

Dan perlu difahami terkait SDM masyarakat desa, minimal ada 3 hal yang harus terpenuhi yakni :

- Pengetahuan (knowledge) artinya mengajak masyarakat memahami peraturan dan berbagai hal terkait desa wisata.

- Ketrampilan (skill) artinya menyiapkan masyarakat untuk mampu dan terampil dalam pengelolaan desa wisata.

- Etika (attitude) yaitu sikap masyarakat sangat diperlukan dalam menunjang desa wisata berkaitan dengan sikap kerjasama dan gotong royong.

Jadi tiga hal tersebut ini yang harus penuhi sebagai bekal dalam pembangunan khususnya desa wisata. pungkas politisi Partai Nasdem Dapil XIII (GresikLamongan) ini.

Sementara Sulaiman Wello selaku pegiat desa sekaligus Ketua UKM IKM Nusantara Gresik, saat membuka sesi paparan materi Ia menyampaikan sebuah rangkaian kalimat yang bisa dijadikan kata kunci sebagai pijakan masyarakat (pengelola wisata) dalam ikut serta berkontribusi dalam pembangunan desa wisata adalah "Melestarikan yang baik, dan terus mencari terobosan baru yang lebih baik lagi", 

Selain itu Sulaiman Wello juga menekankan bahwa ada hal penting yang harus ditanamkan pada masing masing individu adalah menjadi pribadi yang memiliki kepekaan, kepedulian dan rasa memiliki terhadap desanya sehingga terus berusaha bisa berkontribusi positif kepada desa sesuai kapasitas masing masing, pungkas pegiat desa yang juga ketua DPC MOI (Media Online Indonesia) Gresik ini, sembari mengajak para peserta untuk bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengikuti, menyerap informasi dan pengetahuan dari dua nara sumber lainnya.

Adapun materi dijelaskan secara gamblang oleh kedua nara sumber dengan pembagian sebagai berikut :

Murjito, SH., menyampaikan materi  "Peningkatan SDM masyarakat desa dalam managemen pengelolaan desa wisata".
Setyo Hadi Pramono, ST., menyampaikan materi "Investasi dan Pengelolaan Potensi Desa Menjadi Desa Wisata".

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala SMK Maarif NU Benjeng Hamim Thohari, ST., ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ketua MUI Kecamatan Benjeng H. Abdul Munif Sholeh.(bm)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda