Haflah Akhirussanah UPT SD Negeri 284 Gresik, Diwarnai Tangis Haru Saat Detik-detik Sungkeman Berlangsung - Gerbang Nusantara News

24 Juni 2023

Haflah Akhirussanah UPT SD Negeri 284 Gresik, Diwarnai Tangis Haru Saat Detik-detik Sungkeman Berlangsung

GRESIK, GNN gerbangnusantaranews.com  

Dengan mengusung tema "Semangat Generasi Qur'ani dalam Bingkai Keberagaman Indonesia" Gelaran Haflah Akhirussanah yang diselenggarakanoleh KOBER, TK DWP Mentaras, MDTA Asy-Syifa UPT SD Negeri 284 Gresik Tahun Pelajaran 2022/2023 benar-benar memberikan kesan yang mendalam, Sabtu (24/6/2023). 

Betapa tidak, ada pesan moral yang begitu kuat dan tertancap di ulu hati akan bakti seorang anak kepada orang tuanya. Dalam momen penting dan bersejarah di gelaran Akhirussanah ini ada detik-detik mengharukan saat para siswa yang telah dinyatakan lulus melakukan prosesi "Sungkeman" mencium telapak kaki ibundanya tercinta. Sungguh, Surga ada di bawah telapak kaki ibu. 

Tak pelak, tangis haru pun pecak menyeruak hingga ke angkasa dan menerobos perut bumi yang paling dalam. Merinding bercampur linangan air mata menyaksikan darma bakti anak kepada orang tuanya. Mereka saling berpelukan tak kuasa menahan tangis, teringat betapa besar jasa dan pengorbanan orang tua kepada anaknya. 

Kepala UPT SD Negeri 284 Gresik Drs. H. Sutikno, MM mengatakan, pihaknya sengaja menggelar prosesi "Sungkeman" sebagai pesan moral agar anak-anak selalu berbakti kepada orang tuanya. Karena, doa orang tua lah yang paling mustajabah mengantarkan mereka untuk meraih masa depan gemilang. 

Dalam Akhirussanah tersebut, Sutikno juga menyampaikan, dari siswa kelas 1 - 6 berjumlah 117 siswa. Dan Alhamdulillah di tahun 2023 ini, kelas 6 berjumlah 17 siswa dinyatakan Lulus 100%.

Selama ini, lanjutnya, berbagai kegiatan Offline, online, daring, dan yang lainnya selalu kita ikuti dan dilaksanakan dengan baik. Begitu juga perlombaan, baik di tingkat kecamatan dan kabupaten, Alhamdulillah UPT SD Negeri  284 Gresik  mendapat hasil yang tidak mengecewakan dan selalu membanggakan. 

"Ke depan, kami berharap jangkauan siswa lebih luas lagi, hingga keluar Kecamatan Dukun. Karena sekarang sudah dari berbagai desa di luar Desa mentaras belajar di sekolah UPT SDN 284 GRESIK ( SDN MENTARAS ) ini," tandas Kasek Sutikno dengan nada penuh syukur. 

Menariknya, dalam Akhirussanah KOBER, TK DWP Mentaras, MDTA Asy-Syifa UPT SD Negeri 284 Gresik Tahun Pelajaran 2022/2023 ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Kabupaten Gresik S Hariyanto, S.Pd, MM. Bahkan orang nomor satu di lingkungan Dinas Pendidikan Gresik turut menangis tak kuasa membendung air matanya saat menyaksikan detik-detik sungkeman para siswa yang lulus kepada orang tuanya. 

Tak hanya Kadispendik, turut hadir dalam Akhirussanah tersebut, yakni Pengawas SD Kecamatan  Dukun Bani Mashuda, S.Pd.MM,  Penilik Kecamatan Dukun Munafa'an, SPd, MM, Ketua Komite Sekolah Abdul Kholiq, Kepala Desa Mentaras Akhmad Suparto, SH, MH, mantan kepala Sekolah dan Guru SDN Mentaras yang purna tugas, serta bapak/Ibu Wali Murid Kober/TK DWP Mentaras dan UPT SD Negeri 284 Gresik. 

Untuk diketahui, dalam acara tersebut diramaikan juga dengan berbagai tampilan kreasi seni dari siswa siswi. Diantaranya Pantonim, Drama Laskar Pelangi, Jaranan dan Tarian Sajojo. Selain itu juga ada pemberian penghargaan berupa: Piagam, Piala dan Uang Pembinaan kepada siswa dan siswi yang berprestasi sebanyak 46 siswa. (Didik Telisik Hati)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda