Kirab Tumpeng Raksasa dan Wayang Kulit Ramaikan Sedekah Bumi Dusun Medangan - Gerbang Nusantara News

05 Juni 2023

Kirab Tumpeng Raksasa dan Wayang Kulit Ramaikan Sedekah Bumi Dusun Medangan

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com

Warga Dusun Medangan Desa Metatu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik lestarikan rutinitas ungkapkan syukur secara kolektif yang dikemas dalam bentuk sedekah bumi pada hari Minggu, 04/06/2023. Pagi

Adapun prosesi tradisi sedekah bumi tersebut diawali dengan kirab tumpeng raksasa berbentuk gunungan yang berisi hasil bumi (sayuran, buah-buahan dan beraneka ragam hasil pertanian lainnya) yang diarak keliling dusun menuju halaman rumah Kepala Dusun guna melaksanakan dia bersama.

Acara ini dihadiri oleh anggota DPRD Gresik, Nurhudi Didin Arianto, BPD, Kepala Desa Metatu Diana Eviana beserta perangkat desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta diikuti oleh seluruh warga dusun Medangan.

Kepala Dusun Medangan Sholeh Hasan dalam sambutanya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat Dusun Medangan atas partisipasi dan dukungannya serta sumbangsihnya dalam kegiatan Sedekah Bumi ini.

“Alhamdulillah seluruh masyarakat sangat antusias sekali dengan adanya sedekah bumi ini. Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih yang sebanyak banyaknya kepada seluruh masyarakat Dusun Medangan", Ujarnya.

Sementara Kepala Desa Metatu Diana Eviana mengatakan bahwa sedekah bumi merupakan bentuk rasa syukur kepada Sang Maha Kuasa karena telah memberikan bumi tempat kita berpijak dengan segala rezeki berupa hasil bumi selama satu tahun.

"Sedekah Bumi ini adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif, karena selain bisa menjalani kebersamaan antar masyarakat, juga menciptakan kerukunan sesama masyarakat", terang Kades Metatu Diana Eviana.

Selanjutnya Diana mengatakan bahwa Sedekah Bumi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahannya, keselamatan dan nikmat berupa panen hasil bumi yang telah didapatkannya.ujarnya

Pada kesempatan yang sama anggota DPRD Gresik Nurhudi menyampaikan dengan adanya sedekah bumi ini menunjukkan kerukunan warga dusun medangan yang harus terus dipertahankan.ujarnya

Menurut Nurhudi Sedekah Bumi ini adalah bentuk rasa syukur kita bentuk kerukunan kita, dan warga dusun medangan ini adalah dusun yang terkenal rukun, guyup untuk itu tradisi ini jangan pernah dihilangkan.

Kegiatan sedekah bumi dusun Medangan ini juga dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit Ki Dalang Budi Prayitno dan campur sari Giri Laras dari Dusun Karangasem Desa Karangandong - Gresik.(mhr)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda