Pemdes Cimayang Pamijahan Laksanakan Program PTSL - Gerbang Nusantara News

08 Juni 2023

Pemdes Cimayang Pamijahan Laksanakan Program PTSL

Bogor, GNN gerbangnusantaranews.com

Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) disambut positif masyarakat di penjuru Indonesia, seperti halnya di Desa Cimayang Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor pada hari Kamis,  8/6/2023 dimulai tahap pendaftaran.

Hj.Muslihat Dianah selaku Kepala Desa Cimayang Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, mengatakan program pembuatan ptsl yang saat ini kami kerjakan baru mulai tahap pendaftaran dan pengukuran oleh pihak BPN dan dibantu kelompok masyarakat(Pokmas).

Dengan program tersebut masyarakat sangat terbantu sekali, adapun biaya administrasi pembuatan ptsl sudah diumumkan dalam musyawarah Desa  dengan sebesar 150 ribu, merujuk SKB 3 Menteri, Kememerian ATR/BPN, Kemenerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, ungkapnya.

Adapun warga yang belum memiliki hak alas agar segera melengkapi persyaratannya ke pemerintahan desa.

Diketahui PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

PTSL yang populer dengan istilah sertipikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat. Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertipkat dapat menjadikan  sertipikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya.(Roni)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda