Ratusan Ancak, Hiasi Puncak acara Sedekah Bumi Dusun Betiring Desa Banjarsari - Gerbang Nusantara News

18 Juni 2023

Ratusan Ancak, Hiasi Puncak acara Sedekah Bumi Dusun Betiring Desa Banjarsari

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Dengan guyup dan rukun warga Dusun Betiring Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik saling bergotong-royong melaksanakan sedekah bumi dengan dihiasi berbagai macam 'Ancak' sebagai bentuk rasa syukur mereka atas nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Tuhan yang maha esa/ Allah SWT. Minggu, 18/06/2023.

'Ancak' atau tatakan dari kayu yang dihiasi rengginang (krupuk beras ketan) dan aneka makanan ringan, jajanan pasar, serta buah-buahan yang  masing-masing 2 Ancak nantinya akan di bagikan kepada 20 orang.

Dalam sambutannya Kepala Desa Banjarsari Agus Suwondo, SE mewakili pemerintahan desa mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dan semangat seluruh warga Dusun Betiring yang senantiasa tetap memelihara budaya sedekah bumi ini, mudah mudahan semangat seluruh warga dusun Betiring ini dicatat sebagai amal ibadah yang diterima oleh Allah SWT.

"Segala rangkaian sedekah bumi ini merupakan bentuk rasa syukur warga dusun Betiring yang menjadi kebanggaan bersama terlihat banyaknya warga luar yang juga ikut serta dalam sedekah bumi ini untuk itu mudah mudahan sedekah bumi dusun Betiring ini bisa menjadi contoh bagi seluruh desa yang ada di kabupaten Gresik pada umumnya", ujar Kades Agus Suwondo.

Agus juga berharap budaya sedekah bumi ini bisa mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah kabupaten Gresik agar budaya sedekah bumi ini bisa lebih ditingkatkan dan bisa terus dipelihara. Pungkasnya 

Senada juga disampaikan oleh Camat Cerme H. Umar Hasyim, S.H., M.M. mengatakan bahwa sedekah bumi dusun Betiring ini merupakan tradisi yang sudah dilakukan bertahun tahun dan semakin tahun semakin meningkat, ini menunjukkan bahwa Dusun Betiring semakin maju dan bertumbuh kembang.

"Desa Banjarsari termasuk kategori desa mandiri dari 25 desa yang ada di wilayah cerme termasuk karena budaya dan inovasi inovasi yang ada itu semua berkat kekompakan antara pemerintahan desa bersama seluruh masyarakatnya, itu menunjukkan bentuk kekompakan, kegotongroyongan warga masyarakat Banjarsari yang guyup dan rukun", ujar Camat H. Umar Hasyim.

Sedekah Bumi Dusun Betiring kali ini selain dihadiri oleh Forkopimcam Cerme juga dihadiri oleh wakil bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah, M.Pd. dan juga budayawan Gresik Kris Aji AW.(mhr)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda