Sinau Bareng Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi di Kelurahan Kauman Kabupaten Nganjuk - Gerbang Nusantara News

07 Juni 2023

Sinau Bareng Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi di Kelurahan Kauman Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, GNN gerbangnusantaranews.com 

Kegiatan ini digagas oleh Mahasiswa TIM KKN-T Nganjuk 9 Universitas Negeri Surabaya kerja bareng Pemdes Kauman.

Kuliah kerja Nyata Tematik (KKN-T) UNESA Kelompok 9 Nganjuk dengan tema asistensi nengajar berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM di Kelurahan Kauman Kabupaten Nganjuk.

Rendahnya SDM yang disebabkan karena ketergantungan terhadap gadget menjadikan anak-anak tertinggal pendidikannya. 

Berdasarkan survei ternyata masih banyak siswa yang tertinggal pembelajarannya seperti belum bisa membaca, menulis, dan berhitung padahal sudah di kelas tinggi. Oleh karena itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Surabaya kelompok Nganjuk 9 tahun 2023 mengusung sebuah Program Kerja yaitu “Sinau Bareng”.

Program "Sinau Bareng" yaitu sebuah kelompok belajar yang bertujuan untuk membina dan memberikan pembelajaran mengenai membaca, menulis dan berhitung (Literasi dan Numerasi). Program ini ditujukan kepada masyarakat Kelurahan Kauman yang berlokasi di Kelurahan Kauman Kabupaten Nganjuk. Sebelumnya lokasi yang di tempati untuk program "Sinau Bareng" ini kurang layak dan tidak nyaman untuk proses pembelajaran.

Kelompok KKN Nganjuk 9 berinisiatif untuk merenovasi mulai dari mengecat tembok, penataan letak yang nyaman untuk belajar, menyediakan buku-buku fiksi dan non fiksi, menyediakan pojok baca untuk literasi, memberikan poster-poster yang beredukatif, sehingga dapat menjadikan kelas yang aman dan nyaman untuk proses pembelajaran. 

Hadirnya suasana belajar yang baru serta nyaman ini membuat anak-anak semangat untuk mendaftar dan mengikuti "Sinau Bareng". Program ini diresmikan pada hari Senin, 08 Mei 2023 oleh Bapak Agung Evendy, S.STP., M.Si selaku Kepala Kelurahan Kauman bersama Bapak Kristanto selaku Ketua RT 01 RW 04, Bapak Edi selaku Ketua RT 02 RW 04 dan Bapak Triyono selaku Takmir Mushollah RT 01 RW 04 dengan dihadiri warga sekitar sebagai tamu undangan. Warga yang menghadiri sungguh antusias hingga banyak mengajukan pertanyaan dan mendaftarkan anaknya. 

Para warga sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN-T Nganjuk 9 yang telah menghadirkan Program "Sinau Bareng" di lingkungan tempat tinggalnya. “Harapannya semoga kegiatan ini bisa meningkatkan minat baca anak-anak dan dapat mengatasi ketergantungan gadget,” Ucap Warga.

Program Sinau Bareng ini dimulai pada tanggal 10 Mei dan dilaksanakan setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat pukul 14.00-15.30 WIB yang berlokasi di TPA sebelah Balai RT 04 RW 01. Di TPA tersebut kami buat suasana belajar menjadi menyenangkan sehingga siswa dapat bermain sambil belajar. 

Terdapat 2 ruang kelas yaitu ruang kelas A dan ruang kelas B.  Ruang kelas A untuk jenjang Paud, TK, dan SD. kemudian untuk ruang kelas B untuk jenjang SMP. TPA tersebut kami desain seperti ruang kelas dimana terdapat pojok baca yang digunakan siswa untuk menambah wawasan atau membantu memecahkan persoalan. Pojok baca tersebut juga menunjang kampung tersebut menjadi kampung literasi sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi masyarakat RT 04 RW 1.

Metode pembelajaran yang digunakan pada "Sinau Bareng" ini memanfaatkan mahasiswa atau anggota KKN-T Nganjuk 9 sebagai fasilitator yang bertujuan untuk membantu siswa agar lebih mudah dalam belajar membaca, menghitung, dan menulis (literasi dan numerasi). 

Media pembelajaran menggunakan video pembelajaran dan buku bacaan yang menunjang untuk tercapainya tujuan pembelajaran. 

Tujuan utama program ini adalah membiasakan peserta didik untuk belajar secara bersama atau berkelompok. Program ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir kritis, menumbuhkan rasa sosial antar sesama siswa, dan berani  berdiskusi sehingga pembelajaran terasa lebih mudah dan ringan. 

Program "Sinau Bareng" ini didasarkan untuk peserta didik dari tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP. Dan mata pelajaran yang akan diajarkan selama pembelajaran yaitu mulai dari Calistung, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS.

Dalam proses pembelajaran siswa mendapatkan fasilitas seperti LCD proyektor yang digunakan untuk melihat video pembelajaran, pojok baca, dan mendapatkan tutor untuk pendamping di proses pembelajaran. 

Di program ini juga menggunakan model pembelajaran yakni dengan memanfaatkan 20 menit awal literasi, dilanjutkan dengan 10 menit menyampaikan hasil literasi, dan 60 menit dipergunakan untuk mata pembelajaran inti.

Program ini tidak dapat dilaksanakan dengan sukses dan lancar tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak yaitu Ibu Dr. Raya Sulistyowati, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan kemudian Bapak Agung Evendy, S.STP., M.Si selaku Kepala Kelurahan Kauman, Bapak Kristanto selaku  Ketua RT 01 RW 04, Bapak Edi selaku Ketua RT 02 RW 04, dan Bapak Triyono selaku Takmir Mushollah RT 01 RW 04.

Perwakilan Mahasiswa TIM KKN-T Nganjuk 9 Universitas Negeri Surabaya berharap ini bisa bermanfaat serta bisa dilestarikan sebagai bentuk usaha nyata dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.(K-am/red)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda