Wakil Bupati Gresik Ajak PAC GP Ansor Promosikan Wisata Religi Kanjeng Sepuh dan Kota Tua Sidayu - Gerbang Nusantara News

25 Juni 2023

Wakil Bupati Gresik Ajak PAC GP Ansor Promosikan Wisata Religi Kanjeng Sepuh dan Kota Tua Sidayu

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sidayu masa khidmat 2023-2025 resmi dilantik oleh Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Gresik Abdul Rokhim.

Mengusung tema "Transformasi Kepemimpinan Menuju Tatanan Organisasi yang Mandiri dan Bermanfaat". Kegiatan digelar di Aula Soerjodiningrat UPT SMP Negeri 6 Gresik, Minggu (25/6/2023).

Pelantikan dihadiri Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Anggota DPRD Gresik Mustajab, Bendahara Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Provinsi Jatim Muhammad Muslih Muandar, Ketua GP Ansor Gresik Abdul Rokhim, Forkopimka Sidayu, Rois Syuriah MWCNU Sidayu KH Ma'ruf, IPNU, IPPNU, Fatayat dan serta jajaran pengurus GP Ansor Sidayu.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dalam sambutannya mengucapkan, selamat kepada pengurus GP Ansor Sidayu yang telah dilantik. Semoga dapat melaksanakan amanah dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab. Serta mampu mengemban amanat organisasi dengan sebaik mungkin, demi kemajuan GP Ansor Kecamatan Sidayu.

"Kecamatan Sidayu meninggalkan bukti-bukti sejarah kebesaran sebagai bekas sebuah Kadipaten. "ungkap Bu Min sapaan akrab wabup.

Menurut wabup, Sidayu merupakan Kota tua, jejak sejarah Kabupaten Gresik tertapak jelas di bekas Kadipaten Sedayu yang kini menjadi Kecamatan Sidayu. Berbagai peninggalan masih membekas sebagai ikon sebuah kadipaten di zaman penjajahan Belanda.

"Meski hanya sebuah kecamatan, Sidayu memiliki alun-alun yang cukup luas dan bangunan-bangunan tua yang cukup megah. Sidayu dulu merupakan kota tua yang pernah jaya, "terangnya.

Wabup mengajak kepada pengurus GP Ansor Sidayu yang baru dilantik selain menjalankan roda organisasi peran Ansor juga harus mengenalkan Sidayu ini sebagai tujuan wisata religi selain Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim.

"Wilayah Sidayu merupakan peninggalan budaya dan sejarah dari Kanjeng Sepuh yang juga menjadi rujukan sejarah Kabupaten Gresik, "pungkasnya.

Di tempat sama, Ketua PC GP Ansor Gresik Abdul Rokhim mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru saja diambil sumpahnya. Dua tahun kedepan PAC GP Ansor Sidayu harus mampu mewujudkan Visi Misi GP Ansor Gresik. 

"Mari bergerak bersama mewujudkan visi misi GP Ansor baik dari sisi kontek kepemudaan, kegamaaan dan kebangsaan, "tegas Abdul Rokhim atau yang akrab disapa Kasdul.

Dirinya berharap, kepengurusan GP Ansor dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah, sehingga kontribusi yang diberikan diharapkan  dapat mendukung kemajuan daerah untuk kesejahteraan masyarakat.

"Tantangan kita saat ini dan kedepan luar biasa, terus bersinergi dengan pemerintah, aparat, serta sowan ke para kiai dan ulama untuk meminta saran masukan dan doa agar kita tidak salah melangkah, "tuturnya.

Ia juga mengingatkan pada saat ini sedang digalakkan secara serntak nasional dalam rangka aktivasi kartu tanda anggota (KTA) Ansor.

"Saya berharap kepengurusan KTA GP Ansor terus digenjot. Mari memaksimalkan dalam pendataan anggota ini sejalan dengan arahan Pimpinan Pusat Ansor, "tandasnya.

Sementara, nakhoda baru Ketua PAC GP Ansor Sidayu yang baru dilantik Ikhsan Minarso dalam sambutannya mengungkapkan puji syukur dengan adanya pelantikan pengurus baru. Hal ini menjadi semangat baru dalam bergerak menjalankan roda organinsasi.

"Kami mohon doa restu dan support dari semua elemen dalam menjalankan roda organisasi agar dapat bergerak bersama secara ikhlas demi kemaslahatan NU Kabupaten Gresik, "singkatnya.(dvd).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda